IMPLEMENTASI TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Multi Situs di SDI Qurrota A’yun Beji Ngunut dan SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung)

ana munfarida, 1755144003 (2016) IMPLEMENTASI TAHFIDZ AL-QUR’AN DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR (Studi Multi Situs di SDI Qurrota A’yun Beji Ngunut dan SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB 1 2003 re.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 2003 re.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 2003 re.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 2003 re.pdf

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 2003 re.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6 2003 re.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
sampul.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Tahfidz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Dasar (Studi Multi Situs di SDI Qurrota A’yun Beji Ngunut dan SDI Al-Hidayah Samir Ngunut Tulungagung)” ini ditulis oleh Ana Munfarida dengan pembimbing Dr. H. As’aril Muhajir, M. Ag. Dan Dr. Hj. Sulistyiorini, M Pd. Kata Kunci: Tahfidz Al-Qur’an, Kemandirian Belajar, Siswa Sekolah Dasar . Penelitian dalam tesis ini dilatar belakangi oleh semakin banyaknya lembaga pendidikan yang memasukkan tahfidz Al-Qur’an dalam kurikulum sekolah. Kesadaran orang tua terhadap agama sebagai bekal hidup anak mereka menjadikan Sekolah Dasar Islam mendapatkan perhatian lebih dari masyarakt.. Faktor masyarakat modern yang cenderung berperilaku serba instan, praktis, ingin serba cepat yang dapat mempengaruhi perilaku kemandirian. Akibatnya keinginan serba cepat itu kadang kala menyebabkan aturan dilanggar, nilai-nilai moral terabaikan, bekerja asal-asalan dan cenderung selalu tergantung pada orang lain atau tidak mandiri. Tahfidz Al-Qur’an tidak hanya membuat siswa mencintai Al-Qur’an, dengan menghafalkan ayat-ayat Al-Qur’an setiap hari siswa juga menjadi belajar untuk bersikap mandiri dalam belajar. Disiplin, bertanggung jawab dan selalu termotifasi untuk menyelesaikan tugas, merupakan hal yang harus ada pada siswa yang ingin sukses dalam hafalan Al-Qur’an yang mana hal tersebut adalah faktor-faktor kemandirain belajar yang utama. Siswa yang melatih sikap kemandirian belajar dengan baik dan rutin akan menjadi siswa yang mandiri dalam belajar. Untuk mengetahui hal diatas penulis merumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar di SDI Qurrota A’yun dan SDI Al-Hidayah Samir?; 2) Bagaimana metode tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar di SDI Qurrota A’yun dan SDI Al-Hidayah Samir?; 3) Bagaimana hambatan tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar di SDI Qurrota A’yun dan SDI Al-Hidayah Samir?; 4) Baimana hasil tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatakan kemandirian belajar siswa sekolah dasar di SDI Qurrota A’yun dan SDI Al-Hidayah Samir?. Tesis ini bermanfaat bagi penulis untuk menambah wawasan pola pikir, sikap dan pengalaman sebagai upaya peningkatan kualitas dalam pembelajaran, yakni dengan memahami tahfidz Al-Qur’an, baik dari segi teori, penerapan, metode hambatan serta hasilnya dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar. Dari penelitian ini penulis menyimpulkan bahwa: (1) Penerapan tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar yaitu dengan menjadikan wali kelas sebagai pembimbing, siswa sebagai pemimpin pelaksanaan tahfidz Al-Qur’an secara bergantian, melaksanakan kegiatan setiap hari, dan memberikan buku pedoman hafalan kepada siswa. (2) Metode tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar meliputi metode gabungan, metode jama’, dan metode takrir. (3) Hambatan tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemandirian siswa sekolah dasar meliputi, kemampuan siswa yang berbeda, rasa malas, hari libur panjang, beban pelajaran lain, dan kurangnya perhatian orang tua. (4) Hasil tahfidz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa sekolah dasar meliputi neningkatnya kedisiplinan siswa, meningkatnya tanggung jawab siswa, meningkatkan motivasi siswa, meningkatnya konsentrasi siswa dan meningkatnya rasa percaya diri siswa, sehingga kemandirian belajar siswa semakin meningkat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: tesis 1755144003 Ana Munfarida
Date Deposited: 21 Dec 2016 02:45
Last Modified: 21 Dec 2016 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4289

Actions (login required)

View Item View Item