PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 BATOKAN NGANTRU TULUNGAGUNG

SRI WULANDARI, 2817123158 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDN 1 BATOKAN NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group investigation untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan jual beli kelas III SDN 1 Batokan Ngantru Tulungagung.” ini ditulis oleh Sri Wulandari, NIM. 2817123158, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Jani, M. M, M.Pd Kata kunci: Model Group Investigation, IPS, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran IPS di sekolah, yang hasil belajar peserta didik yang belum maksimal. Peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli peserta didik kelas III SDN 1 Batokan Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015 / 2016 ?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPS pokok bahasan jual beli melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation peserta didik kelas III SDN 1 Batokan Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015 / 2016 ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli peserta didik kelas III SDN 1 Batokan Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015 / 2016, (2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli peserta didik kelas III SDN 1 Batokan Ngantru Tulungagung tahun ajaran 2015 / 2016 Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 1 Batokan, Ngantru, Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation pada mata pelajaran IPS setelah melalui langkah-langkah kegiatan awal, inti dan juga akhir menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III SDN 1 Batokan Ngantru Tulungagung. Sedangkan hasil belajar dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 69,45. Peserta didik yang mendapat nilai <70 sebanyak 4 peserta didik (20%) dan >70 sebanyak 14 peserta didik (70%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 75,05, peserta didik yang mendapat nilai >70 sebanyak 16 peserta didik (80%) dan <70 sebanyak 1 peserta didik (5%). Dengan demikian, membuktikan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPS kelas III SDN 1 Batokan, Ngantru, Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123158 SRI WULANDARI
Date Deposited: 30 Dec 2016 06:52
Last Modified: 30 Dec 2016 06:52
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4263

Actions (login required)

View Item View Item