PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI SD ALAM MUTIARA UMAT TULUNGAGUNG

ZUHRIA KHUMAIRO’, 2811123030 (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN SISWA DI SD ALAM MUTIARA UMAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (260kB)
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Siswa di SD Alam Mutiara Umat Tulungagung”, ini ditulis oleh Zuhria Khumairo’, NIM. 2811123030. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Drs. H. Asrop Safi’i, M.Ag, NIP. 19690918 200003 1 002. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional, Motivasi Belajar, Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan emosional serta motivasi belajar yang dapat meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Hal ini dikarenakan emosi yang positif dan motivasi kuat membuat sesorang merasa bersemangat dan mempunyai inisiatif untuk mengelesaikan hafalan Al-Qur’an. Tujuan penelitian: 1. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SD Alam Mutiara Umat. 2. Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SD Alam Mutiara Umat. 3. Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SD Alam Mutiara Umat Jenis penelitian ini adalah asosiatif kausal dengan populasi siswa SD Alam Mutiara Umat tahun pelajaran 2015-2016, yang terdiri dari 39 siswa. Dengan teknik sampling jenuh diperoleh sampel: 39 siswa. Variabel bebas: kecerdasan emosional dan motivasi belajar. Variabel terikat: kemampuan menghafal Al-Qur’an. Sumber data: Responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Hasil penelitian: 1. Ada pengaruh yang positif signifikan antara kecerdasan emosional terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SD Alam Mutiara Umat. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung kecerdasan emosional = 3,780 lebih besar dari t-tabel = 2,022. 2. Tidak ada pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SD Alam Mutiara Umat yang ditunjukkan oleh t-hitung motivasi belajar = -0,515 lebih kecil dari t-tabel = 2,022. 3. Ada pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi belajar terhadap kemampuan menghafal Al-Qur’an siswa di SD Alam Mutiara Umat yang ditunjukkan oleh nilai F hitung = 8,643 lebih besar dari F tabel = 4,11.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123030 ZUHRIA KHUMAIRO’
Date Deposited: 30 Dec 2016 03:27
Last Modified: 30 Dec 2016 03:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4240

Actions (login required)

View Item View Item