PENGARUH RECIPROCAL TEACHING DENGAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

ROHMATUL MAHMUDAH, 2814123026 (2016) PENGARUH RECIPROCAL TEACHING DENGAN METODE RESITASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HIMPUNAN SISWA KELAS VII MTs AL MA’ARIF TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (854kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Reciprocal Teaching Dengan Metode Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Siswa Kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” yang ditulis oleh Rohmatul Mahmudah, NIM. 2814123026, yang dibimbing oleh Dr. Muniri, M.Pd. Kata kunci: Reciprocal Teaching, Metode Resitasi, Hasil Belajar. Matematika merupakan salah satu ilmu dasar yang harus dikuasai oleh setiap manusia, terutama yang berkecimpungan di dunia pendidikan. Namun, kenyataanya matematika merupakan suatu mata pelajaran yang cukup sulit bagi sebagian siswa. Akibatnya siswa enggan mempelajari matematika bahkan cenderung menjauhi pelajaran matematika. Kurangnya minat dan motivasi dalam mempelajari matematika mengakibatkan hasil belajar siswa cenderung rendah. Oleh karena itu guru matematika harus mampu menyajikan pembelajaran matematika secara lebih menarik sehingga membangkitkan minat siswa pada pelajaran matematika dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satunya dengan dengan model reciprocal teaching. Reciprocal teaching adalah model pembelajaran berupa kegiatan mengajarkan materi kepada teman. Dalam pembelajaran reciprocal teaching mampu mengembangkan kreativitas siswa, memupuk kerjasama antar siswa, siswa belajar dengan mandiri, menumbuhkan bakat siswa terutama dalam berbicara dan mengembangkan sikap dan memupuk keberanian berpendapat dan berbicara di depan kelas. Apalagi diintegrasikan dengan metode resitasi sehingga mampu meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk mengetahui pengaruh dan seberapa besar pengaruh reciprocal teaching dengan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016”. Pendekatan penelitan yang digunakan adalah kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu, teknik sampling dengan purposive sampling dan sampel yang diambil adalah kelas VII-A dan VII-B. Instrumen pengumpulan data berupa: pedoman dokumentasi dan soal tes (post-test untuk memperoleh hasil belajar), teknik analisis data dengan uji-t yang sebelumnya diuji prasyarat (homogenitas dan normalitas). Kemudian untuk mengetahui besar pengaruhnya menggunakan perhitungan cohen’s effect size. Hasil perhitungan diperoleh nilai t_hitung=5,021896≥t_tabel=1,66216 pada db=89 dan taraf signifikan 5%. Maka dapat disimpulkan bahwa “Ada pengaruh reciprocal teaching dengan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Besarnya pengaruh reciprocal teaching dengan metode resitasi terhadap hasil belajar matematika materi himpunan siswa kelas VII MTs Al Ma’arif Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 adalah 84% dan tergolong tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123026 ROHMATUL MAHMUDAH
Date Deposited: 13 Dec 2016 04:38
Last Modified: 13 Dec 2016 04:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item