PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA MAMBA’US SHOLIHIN SUMBER SANANKULON BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016

ALI AHMADI, 2814123039 (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL (EQ) DAN KECERDASAN SPIRITUAL (SQ) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA MAMBA’US SHOLIHIN SUMBER SANANKULON BLITAR TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL DEPAN pdf.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (948kB) | Preview
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (933kB)
[img]
Preview
Text
RUJUKAN.pdf

Download (170kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SMA Mamba’us Sholihin Sumber Sanankulon Blitar Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Ali Ahmadi, NIM. 2814123039, pembimbing Dewi Asmarani,M.Pd. Kata kunci: kecerdasan, emosional, spiritual, hasil, belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh berbagai macam permasalahan yang dialami siswa dalam aktifitas belajar matematika. Permasalahan tersebut dapat berasal dari luar atau dari dalam diri siswa itu sendiri. Salah satu hal yang penting dalam diri siswa ialah kemampuan menguasai emosi diri. Sehingga dibutuhkan karakter atau kepribadian yang cerdas untuk dapat menghadapi berbagai masalah yang dihadapi dalam aktifitas belajar. Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual merupakan konsep mengenai bagaimana seseorang dapat meningkatkan kualitas kepribadiannya sehingga dapat mengatasi segala macam permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan keberadaan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual seorang siswa akan mampu menghadapi dan mengatasi segala hambatan khususnya dalam belajar matematika. Dengan demikian hal tersebut akan memberikan pengaruh pada kwalitas belajar siswa. Sehingga hasil belajar matematika siswa menjadi lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional (EQ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Mamba’us Sholihin ?, (2) Apakah ada pengaruh kecerdasan spiritual (SQ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Mamba’us Sholihin?, dan (3) Apakah ada pengaruh kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMA Mamba’us Sholihin ? Pendekatan penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Mamba’us Sholihin Sumber Sanankulon Kab. Blitar kelas, dengan sampel seluruh siswa kelas X IPS-A yang berjumlah 32 siswa laki–laki semua. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, dokomentasi dan angket mengenai EQ dan SQ. Untuk hasil belajar diperoleh dari data ulangan matematika materi logika. Hasil penelitian ini adalah : 1). Ada pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa SMA Mamba’us Sholihin Sumber Sanankulon Blitar tahun ajaran 2015/2016. Berdasarkan analisis data diperoleh tℎ

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123039 ALI AHMADI
Date Deposited: 21 Nov 2016 06:04
Last Modified: 21 Nov 2016 06:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4131

Actions (login required)

View Item View Item