PENERAPAN METODE CMSA (CARA MENGAJI SANTRI AKTIF) DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA/TPQ) RIYADLUL MUFLIHIN DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI DESA PIKATAN WONODADI BLITAR

LAILATUL FITRIA, 2811123124 (2016) PENERAPAN METODE CMSA (CARA MENGAJI SANTRI AKTIF) DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPA/TPQ) RIYADLUL MUFLIHIN DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN DI DESA PIKATAN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
BAB AWAL.pdf

Download (692kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (317kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (135kB)
[img]
Preview
Text
DAFAR RUJUKAN.pdf

Download (63kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skirpsi dengan judul “Penerapan Metode CMSA (Cara Mengaji Santri aktif) di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) Riyadlul Muflihin dalam Meningkatkan Baca Tulis Al-Qur’an di Desa Pikatan Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Lailatul Fitria dibimbing oleh Hi Luluk Atirotus Zahro S.Ag.M.Pd Kata kunci :Metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif), Baca Tulis Al-Qur’an. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya TPQ yang masih aktif ditengah perkembangan zaman, pendidikan nonformal seperti Taman Pendidikan Al-Qur’an yang biasanya dipandang sebelah mata oleh para orang tua, namun di TPQ Riyadlul Muflihin banyak orang tua yang mempunyai apresiasi yang tinggi untuk menyekolahkan anaknya di lembaga TPQ, memang pembelajarn Al-Qur’an sangatlah penting, dan pembelajaran tersebut haruslah diawali sejak usia dini, untuk menanamkan kecintaan anak terhadap Al-Qur’an, karena banyak ditemui remaja yang beragama islam yang menyebut Al-Qur’an sebagai pedoman ternyata kurang lancar dalam membaca Al-Qur’an, bahkan ada yang tidak bisa sama sekali, ini merupakan suatu potret yang harus di antisipasi oleh para pendidik, bagi orang tua maupun guru. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana Penerapan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) Riyadhul Muflihin dalam meningkat baca tulis Al-Qur’an di Desa Pikatan Wonodadi Blitar ?, (2) Apa kendala dan cara megatasi guru TPA/TPQ dalam Penerapan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) Riyadhul Muflihin dalam meningkat baca tulis Al-Qur’an di Desa Pikatan Wonodadi Blitar ?, (3) Bagaimana hasil Penerapan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) Riyadhul Muflihin dalam meningkat baca tulis Al-Qur’an di Desa Pikatan Wonodadi Blitar ? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan penerapan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an, kendala dan juga cara mengatasi yang dihadapi guru TPQ dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an dan hasil dari penerapan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di TPA/TPQ Riyadlul Muflihin Pikatan Wonodadi Blitar, Skripsi ini bermanfaat bagi kepala TPQ Riyadlul Muflihin Pikatan sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka peningkatan baca tulis santri, bagi guru TPQ Riyadlul Muflihin Pikatan sebagai masukan agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai informasi dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an di TPQ Riyadlul Muflihin, bagi peneliti untuk menambah pengalaman dan pengetahuan serta wawasan dalam melatih kemampuan, dan juga sebagai acuan untuk penelitian selanjutnya, bagi pembaca sebagai bahan pertimbangan dalam usaha meningkatkan baca tulis Al-Qur’an Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskripstif dengan demikian kehadiran peneliti di lapangan sangat penting dan diperlukan secara optimal. Lokasi penelitian ini terletak di TPQ Riyadlul Muflihin Pikatan Wonodadi Blitar, adapun data yang peneliti dapatkan berasal dari hasil observasi dan hasil wawancara, dan dokumentasi kepada pengurus TPQ, kepala TPQ, kepada guru TPQ Riyadlul Muflihin dan kepada orang tua santri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) yang dilakukan guru dalam meningkatkan baca tulis Al-Qur’an berupa 1) pemilihan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif), suatu metode yang digunakan di TPQ Riyadlul Muflihin yang ada dua bentuk pelaksanaan yaitu sorogan individual dan klasikal 2) Adapun dalam melakukan penerapan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) guru menghadapi beberapa kendala, diantaranya kurangnya minat belajar dari santri sehingga proses belajar terganggu, tingkat intelegensi deri masing-masing santri berbeda-beda, selain itu juga kedisiplinan para santri sangat kurang, sehingga menghambat pembelajaran.3) Dan hasil dari penerapan metode CMSA (Cara Mengaji Santri Aktif) di TPQ Riyadlul Muflihin santri mampu membaca dan menulis Al-Qur’an dengan baik dan benar, tapi ada juga yang yang belum mampu membaca Al-Qur’an dengan lancar. Hasil dari membaca Al-Qur’an dilihat melalui kartu prestasi santri dan rapot.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123124 LAILATUL FITRIA
Date Deposited: 21 Nov 2016 06:19
Last Modified: 21 Nov 2016 06:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4129

Actions (login required)

View Item View Item