METODE GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MAN TRENGGALEK

RIZQINA DWI UMAMI, 2811123203 (2016) METODE GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH PADA SISWA DI MAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II (2).pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Guru Akidah Akhlak Dalam Menanamkan Akhlakul Karimah Pada Siswa Di MAN Trenggalek” ini ditulis oleh Rizqina Dwi Umami, NIM. 2811123203, pembimbing Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I Kata kunci: Metode, Akhlakul Karimah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan akhlak pada siswa yang semakin hari semakin majunya pendidikan dan tentang pentingnya pembelajaran akidah akhlak dalam pembentukan akhlakul karimah pada siswa melalui metode ceramah, metode keteladanan dan metode pembiasaan maka guru dapat memberikan pengetahuan tentang nilai-nilai dan contoh perilaku siswa di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Trenggalek. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Bagaimana metode ceramah digunakan pada proses pembelajaran akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa Di MAN Trenggalek? (2) Bagaimana metode keteladanan yang digunakan guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa Di MAN Trenggalek? (3) Bagaimana implementasi metode pembiasaan guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah pada siswa Di MAN Trenggalek?. Adapun tujuan dalam penelitian ini sebagai penerapan dan pengaplikasian metode guru akidah akhlak dalam menanamkan akhlakul karimah dan suatu pembelajaran bagi siswa tentang pentinganya akhlak begi siswa itu sendiri. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Sekolah sebagai bahan pembelajaran dan peningkatan mutu madrasah dalam mendidik dan menjadikan siswa berkhlakul karimah. Bagi guru Untuk dapat mendidik dan mengarahkan siswa untuk berbudi perekerti luhur dan memberikan pembelajaran akidah akhlak terkait nilai-nilai agama. Bagi penulis Untuk menambah wawasan serta ilmu pengetahuan penulis dalam dunia pendidikan agama islam khususnya dalam menanamkan akhlakul karimah pada peserta didik. Dalam skripsi ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pengecekan keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, triagulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan refiew informan Hasil penelitian dari skripsi ini adalah : (1) Metode ceramah dalam proses kegiatan belajar mengajar, guru mengajarkan siswa membaca sebelum memulai pembelajaran dan memberikan contoh pada siswa dengan memperagakan siswa agar lebih mudah dipahami dan dapat diterima oleh siswa. (2) Metode keteladan yang diter apkan dalam sehari hari yaitu diutamakan untuk selalu 5S (salam, senyum, sapa, sopan dan satun) selain itu bertutur kata yang baik, berjabat tangan sebelum masuk. (3) Metode pembiasaan di MAN Trenggalek diantaranya : a. Metode pembiasaan membaca al qur’an, b. Metode pembiasaan berpakaian dan c. Metode pembiasaan shalat berjama’ah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123203 RIZQINA DWI UMAMI
Date Deposited: 14 Nov 2016 04:37
Last Modified: 14 Nov 2016 04:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4094

Actions (login required)

View Item View Item