PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG

SYIFIA SUNSUFI, 2817123161 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS IV MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Syifia Sunsufi, NIM. 2817123161, pembimbing Drs. H. Jani, M. M, M. Pd. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Numbered Heads Together, dan Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya problematika dalam pembelajaran IPS di MI Thoriqul Huda yakni dominasi guru dalam kelas sehingga semua sumber informasi mutlak berasal dari guru. Penyajian materi monoton dan ekspositoris menyebabkan peserta didik kurang antusias dan sering ramai sendiri dalam pembelajaran terutama anak laki-laki. Hal ini berdampak pada hasil belajar relatif rendah. Menyikapi masalah tersebut, perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together sebagai salah satu model pembelajaran yang dapat mengaktifkan peserta didik baik secara kelompok maupun individu, sehingga pembelajaran lebih menyenangkan. Teman bertindak sebagai sumber belajar serta penggunaan berbagai media pembelajaran dalam pelaksanaannya memberikan harapan dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT ini dalam pembelajaran IPS khususnya materi perkembangan teknologi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Dari uraian di atas, maka peneliti mengemukakan rumusan masalah dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dalam meningkatkan hasil belajar IPS pokok bahasan perkembangan teknologi peserta didik Kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 ? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses IPS dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe Numberered Heads Together (NHT) dan untuk menjelaskan hasil belajar peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Togetherv(NHT) pada mata pelajaran IPS pokok bahasanperkembangan teknologipada kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan dalam pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dokumentasi, catatan lapangan, yang kesemuanya dilakukan secara langsung di lapangan. Sumber data dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung. Analisa data yang dilakukan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yakni penguasaan materi mencapai 75% dari tujuan pembelajaran, dengan peserta didik yang memperolah nilai KKM 70 sebanyak 75% dari total peserta didik. Dalam pelaksanaan penelitian ini, ditemukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dengan langkah-langkah melalui kegitan awal yaitu perencanaan. Kegiatan inti pelaksanaan dan pengamatan, kegiatan akhir refleksi membuat peserta didik lebih aktif dan merasakan sensasi yang baru dalam belajar. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata hasil belajar yang meningkat dari pre-test yang hanya 58,57 dengan ketuntasan 35% menjadi 65,71 dengan ketuntasan belajar 60,71% pada siklus I. Hasil ini terus meningkat ketika dilaksanakan siklus II. Hilangnya rasa malu/canggung antar peserta didik membuat mereka mengeluarkan pendapat di kelompokya masing-masing. Dengan pengetahuan yang mereka konstruksikan sendiri inilah menjadi kunci keberhasilan mereka memahami materi. Sedangkan hasil belajar dalam penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, yaitu siklus I dengan nilai rata-rata 65,71 ketuntasan belajar 60,71% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 83,75 dengan ketuntasan belajar 82,14%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS pokok bahasan perkembangan teknologi peserta didik kelas IV MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123161 SYIFIA SUNSUFI
Date Deposited: 30 Dec 2016 04:26
Last Modified: 30 Dec 2016 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4080

Actions (login required)

View Item View Item