KREATIFITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR

NOVI HIDAYATUL KHUSNA, 2811123177 (2016) KREATIFITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH DI MAN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
1. Cover, Halaman Awal..pdf

Download (414kB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
3. BAB II.pdf

Download (454kB)
[img]
Preview
Text
4. BAB III.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB IV.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (143kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreatifitas Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Fiqih Di MAN Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Novi Hidayatul Khusna, NIM. 2811123177, pembimbing Dr. Hj. Sulistiyorini, M. Ag. Kata kunci : Kretifitas Guru, Motivasi Belajar Siswa MAN Kunir Penelitian ini dilatar belakangi oleh kreatifitas guru dalam pembelajaran mampu menumbuhkan dan meningkatkan motivasi belajar siswa. Jadi Kreatifitas Guru mata pelajaran Fiqih yaitu kemampuan untuk mengekspresikan dan mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lebih menarik. Seorang guru harus mampu memilih metode yang tepat, media yang varitif, dan juga pengelolaan kelas yang dapat memberikan kenyamanan saat pelajaran berlangsung. Guru yang dikehendaki saat ini diharapkan mampu menampilkan sosok guru yang tidak lebih dari orang yang hanya menyampaikan materi pelajaran, akan tetapi guru dituntut untuk dapat menunjukkan kemampuannya dalam mengembangkan kreatifitas mengajar. Dalam proses pembelajaran motivasi adalah aspek yang sangat penting, dengan adanya motivasi pembelajaran akan lebih maksimal dan siswa dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah untuk mengetahui proses guru dalam mengembangkan metode belajar mengajar untuk meningkatkan motivasi belajar Fiqih di MAN Kunir Wonodadi Blitar, yang kedua untuk mengetahui bagaimana guru memilih media pembelajaran Fiqih untuk meningkatkan motivasi belajar di MAN Kunir Wonodadi Blitar, dan yang ketiga untuk mengetahui guru Fiqih dalam mengelola kelas untuk meningkatkan motivasi belajar di MAN Kunir Wonodadi Blitar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif-induktif; teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data: sumber data primer dan sumber data sekunder; teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: triangulasi, penggalian data melalui referensi yang memadai dan pemeriksaan sejawat. Hasil Penelitian tentang kreatifitas menunjukkan bahwa:1) dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa guru menggunakan metode yang bervariasi dan mengkombinasikan antara metode satu dengan yang lainnya, 2) dalam memilih media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi siswa guru menyesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, kondisi siswa, dan juga tujuan pembelajaran yang hendak dicapai, 3) pengelolaan kelas yang dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi siswa yaitu: menciptakan suasana belajar yang menyenangkan seperti memberikan pertanyaan-pertanyaan kecil di awal pembelajaran untuk membangkitkan motivasi atau perhatian siswa terhadap materi pelajaran, menjaga kebersihan dan kesegaran kelas, selain itu guru dalam pengelolaan tempat duduk guru memberikan kebebasan kepada siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123177 NOVI HIDAYATUL KHUSNA
Date Deposited: 21 Dec 2016 03:33
Last Modified: 21 Dec 2016 03:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4068

Actions (login required)

View Item View Item