IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA (Studi Multisitus di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek)

Nur Fitria Royyana, 1756144042 (2016) IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN PAI DALAM MENINGKATKAN KESADARAN BERIBADAH SISWA (Studi Multisitus di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER TESIS.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Implementasi Strategi Pembelajaran PAI dalam Meningkatkan Kesadaran Beribadah Siswa (Studi Multisitus SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek)” ini ditulis oleh Nur Fitria Royyana dengan dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, M.Pd. dan Dr. H. A. Hasyim Nawawie, SH.M.Si. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Meningkatkan, Kesadaran Beribadah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa adanya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan siswa tidak keluar dari norma-norma agama dan mampu menjalankan aturan syariat Islam di dalam kehidupan sehari-hari. Implementasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam amatlah diperlukan karena dapat membangkitkan perasaan dan emosi siswa dalam memahami, menghayati serta meyakini kebenaran ajaran agamanya. Siswa juga diberikan kesempatan mempergunakan akalnya dalam memahami dan menerima ajaran agamanya. Disamping itu, siswa perlu dibiasakan mengamalkan ajaran agamanya serta dapat menekankan kemanfaatannya dalam kehidupan sehari-hari. Selain kegiatan pembelajaran, guru juga perlu memperhatikan motivasi. Keberhasilan sebuah kegiatan pembelajaran sangat tergantung pada faktor motivasi. Motivasi merupakan daya yang mendorong seseorang untuk melakukan aktivitas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek?; (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek?; (3) Bagaimana kendala dan solusi pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek?; (4) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek? Tesis ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis melalui pemaknaan atau proses interpretasi terhadap data-data yang telah diperoleh. Analisis yang dimaksud merupakan upaya mencari dan menata secara sistematis catatan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi untuk meningkatkan pemahaman peneliti tentang persoalan yang diteliti dan menyajikan sebagai temuan lapangan bagi orang lain. Dari hasil analisis data, peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Perencanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek yaitu disediakannya absensi shalat tiap-tiap kelas, berdo’a dulu sebelum kegiatan belajar mengajar dan juga ada jadwal shalat dhuha dan shalat dhuhur bagi kelas global. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek adalah a) mengembangkan pemahaman siswa tentang ibadah melalui kegiatan keagamaan, b) Mengingatkan para siswa untuk mengikuti shalat. c) Kegiatan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar. 3) Kendala dan solusi pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek adalah latar belakang setiap siswa sangat mempengaruhi kesadaran beribadah siswa, karena latar belakang orang tua yang beragama maka anak akan memiliki kesadaran beribadah yang tinggi. Sedangkan solusi pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek yaitu dengan memberikan nasehat-nasehat arahan-arahan tentang pentingnya menjalankan shalat. 4) Evaluasi pembelajaran PAI dalam meningkatkan kesadaran beribadah siswa di SMPN 4 Trenggalek dan SMPN 3 Karangan Trenggalek adalah berupa pembentukan jadwal shalat, adanya kebijakan mengenai waktu pelaksanaan shalat, serta tujuan diadakannya shalat, yang diteruskan dengan pelaksanaannya, memberlakukan absen selanjutnya dilakukan evaluasi dengan memberikan sanksi kepada siswa yang tidak melaksanakan shalat tanpa alasan yang jelas mengingat kegiatan shalat di sekolah ini merupakan kegiatan yang rutin dan wajib ditaati oleh seluruh siswa.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M.Pd. 1756144042 NUR FITRIA ROYYANA
Date Deposited: 04 Nov 2016 08:24
Last Modified: 04 Nov 2016 08:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4060

Actions (login required)

View Item View Item