Problematika Guru Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013(Studi Multi Kasus di SD Muhammadiyah Ponorogo dan SDN1 Mangkujayan Ponorogo)

M. SONI AMRULLOH, 1755144017 (2016) Problematika Guru Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013(Studi Multi Kasus di SD Muhammadiyah Ponorogo dan SDN1 Mangkujayan Ponorogo). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
Cover - abstrack dll.pdf

Download (661kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (408kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (104kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (121kB) | Preview

Abstract

Muhammad Soni Amrulloh, NIM. 1755144017. 2016. ” “Problematika Guru Kelas IV dalam Implementasi Kurikulum 2013”(Studi Multi Kasus di SD Muhammadiyah Ponorogo dan SDN1 Mangkujayan Ponorogo). Program Pasca Sarjana, Konsentrasi Ilmu Pendidikan Dasar Islam, IAIN Tulungagung, Pembimbing: 1) Dr. H. Munarji, M.Ag2) Dr.H. Muwahid Shulhan, M.Ag Kata Kunci:Problematika Guru, Implementasi Kurikulum 2013. Latar belakang penulisan tesis ini didasarkan pada permasalahan implementasi kurikulum 2013 di beberapa satuan pendidikan yang masih mengalami kendala dalam pelaksanaannya. Selain itu, kecakapan guru dalam mengajar erat kaitannya dengan adanya kurikulum tersebut. Dalam hal ini kurikulum merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pendidikan, hal ini dikarenakan kurikulum merupakan acuan arah pembelajaran yang mendasari setiap proses dan langkah guru dalam mengajar. Permasalahan yang muncul di beberapa satuan pendidikan adalah kurang siapnya SDM dalam menghadapi implementasi kurikulum baru ini. Pada dasarnya, hal tersebut berkaitan erat dengan kesiapan guru yang harus mengubah cara pandang dalam perencanaan, pelaksanaan, sampai pada evaluasi pembelajaran. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana problematika yang dihadapi guru pada perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 untuk kelas IV di SD Muhamadiyah Ponorogo dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo?, (2) Bagaimana problematika yang dihadapi guru pada pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 untuk kelas IV di SD Muhamadiyah Ponorogo dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo ?, (3) Bagaimana problematika yang dihadapi guru pada evaluasi pembelajaran kurikulum 2013 untuk kelas IV di SD Muhamadiyah Ponorogo dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru pada perencanaan pembelajaran kurikulum 2013untukkelas IV di SD Muhamadiyah Ponorogo dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo, (2) Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru pada pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013untuk kelas IV di SD Muhamadiyah Ponorogo dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo, (3) Untuk mendeskripsikan problematika yang dihadapi guru pada evaluasi pembelajaran kurikulum 2013untuk kelas IV di SD Muhamadiyah Ponorogo dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo. Metode penelitian, peneliti ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi multi kasus, lokasi penelitian di SD Muhammadiyah Ponorogo dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo, sumber data penelitian terdiri dari informan, kegiatan, lokasi dan dokumen, teknik pengumpulan data dengan observasi partisipan, interview mendalam dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif, melalui: (1) reduksi data, (2) display data, (3) verifikasi dan simpulan data, sedangkan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi Hasil penilitian tesis ini adalah: (1) Dalam perencanaan pembelajaran kurikulum 2013 di SD Muhammadiyah Ponorogo dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo terdapat kendala berkaitan dengan administrasi pembelajaran berupa kesulitan pembuatan RPP yang harus berganti setiap tahunnya. Selain itu, guru dalam hal ini harus mengubah persepsi dari kurikulum yang lama kepada kurilum yang berbasis tematik tersebut. (2) Dalam proses pelaksanaan pembelajaranSD Muhammmadiyah dan SDN 1 Mangkujayan Ponorogo berdedikasi penuh untuk memenuhi implementasi kurikulum 2013, temuan peneliti berkaitan dengan permasalahan waktu ajar yang terbatas untuk mencakup setiap penyampaian materi. Secara teoritis proses pembelajaran sama dengan kurikulum sebelumnya yang mencakup kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Namun, secara teknis dengan pendekatan tematiknya kurikulum 2013 menyediakan ruang pemikiran yang begitu luas sehingga cakupan fokus mata pelajarannya dibuat melebar dan mewakili beberapa mata pelajaran yang lain.(3) Kendala yang ditemukan peneliti dalam evaluasi pembelajarannya berhubungan dengan system penilaian skala besar yang harus dipaparkan secara individu satu persatu dengan rincian penjelasan keadaanin dividu yang dinilai. Kendala berikutnya mengenai penilaian kompetensi dasar yang harus dinilai secara kompleks. Dalam kurikulum 2013 nilai per mata pelajaran didapatkan dari penilian per kompetensi dasar. Hal tersebut mengharuskan guru untuk bekerja ekstra agar dapat memberikan nilai yang autentik.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd 1755144017 M. Soni Amrulloh
Date Deposited: 03 Nov 2016 09:00
Last Modified: 03 Nov 2016 09:00
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4051

Actions (login required)

View Item View Item