UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG

MUH. ALWI DAHLAN, 2811123156 (2016) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN SISWA DI MTs ASSYAFI’IYAH GONDANG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Bagan paradigma penelitian .pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MUH. ALWI DAHLAN. Dosen Pembimbing. Hj. St. Noer Farida Laila, MA. Upaya Guru Pendidkan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang. Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Kata Kunci: upaya guru, kepribadian siswa Banyak usaha yang dilakukan guru dalam aplikasinya yaitu untuk melakukan pembinaan kepribadian kepada siswanya, upaya yang dilakukan oleh seorang guru yaitu dengan melakukan upaya atau tindakan yang bersifat atau yang bertujuan untuk mencegah timbulnya kenakalan, namun kenyataannya masih saja banyak keluhan pada setiap madrasah berkaitan dengan masalah kepribadian siswa, Hal ini terlihat dari sikap mereka yang masih memilih dan memilah kepada siapa mereka memberikan rasa hormat, bahkan kepada mereka yang dirasanya tidak pantas dihormati mereka bersikap acuh atau malah kurang ajar. Suatu yang memprihatinkan adalah adanya kenyataan bahwa beberapa anak didik mengaku kurang mengetahui bagaimana cara mereka berbakti pada orang tuanya yang telah meninggal atau hidup berjauhan dengan mereka. Tidak hanya itu beberapa anak didik juga mengaku kurang bisa mengatur waktu dengan baik. Maka dari itu perlu diteliti tentang upaya guru dalam membentuk kepribadian siswa di MTs Assyafi’iyah Gondang. Fokus penelitian dalam penelitian ini ialah (1). Bagaimana Upaya Guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa yang berkenaan dengan sifat-sifat aqidah dan ibadah di MTs Assyafi’iyah Gondang.? (2). Bagaimana Upaya Guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa yang berkenaan dengan hubungan social dan kekeluargaan di MTs Assyafi’iyah Gondang.? (3). Bagaimana Upaya Guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa yang berkenaan dengan sifat-sifat intelektual maupun kognitif di MTs Assyafi’iyah Gondang.? (4). Bagaimana Upaya Guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa yang berkenaan dengan sifat-sifat fisik, kehidupan praktis maupun profesional di MTs Assyafi’iyah Gondang.? (5). Bagaimana Upaya Guru PAI dalam membentuk kepribadian siswa yang berkenaan dengan sifat-sifat moral, emosional maupun sensual? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui tehnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tehnik analisis data dengan menggunakan tehnik Miles & Huberman. Pengecekan keabsahan data tersebut dilakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan penelitian, triagulasi, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan refiew informan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) Upaya guru dalam guru dalam membentuk kepribadian siswa dalam hal aqidah dan ibadah yaitu motode pembiasaan dengan membuat jadwal secara rutin, metode nasehat dengan adanya kerjasama antara guru PAI maupun dengan guru lain dalam membentuk kepribadian siswa, metode keteladanan yaitu guru memberi contoh langsung, metode hukuman yaitu adanya kerjasama guru wali kelas dengan guru BK untuk memberi hukuman terhadap siswa yang melanggar peraturan(2) Upaya guru dalam guru dalam membentuk kepribadian siswa dalam hal social dan kekeluargaan yaitu metode pembiasaan melalui jadwal infaq setiap hari jum’at, melalui kegiatan ektra kurikuler yaitu dengan mengadakan bakti social maupun lomba- keagamaan, (3)Upaya guru dalam guru dalam membentuk kepribadian siswa dalam hal intelektual maupun kognitif yaitu metode yaitu metode nasehat yaitu guru memberi nasehat atau teguran kepada siswa, metode hukuman yaitu guru memberi hukuman yang sifatnya mendidik, strategi pembiasaan yakni diaplikasikan dengan pengabsenan dan tugas tambahan,(4) Upaya guru dalam guru dalam membentuk kepribadian siswa dalam hal sifat fisik, kehidupan praktis maupun profesional yaitu metode pembiasaan yaitu melalui penjadwalan mata pelajaran olah raga, metode hukuman, metode pembiasaan yakni mengadakan penertiban yang begitu ketat. (5) Upaya guru dalam guru dalam membentuk kepribadian siswa dalam hal moral emosional maupun sensual yaitu metode pembiasaan yaitu membiasakan siswa mengucap salam dan bersalaman, metode keteladanan yaitu guru memberikan contoh langsung dengan bertutur kata sopan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123156 MUH. ALWI DAHLAN
Date Deposited: 03 Nov 2016 07:43
Last Modified: 03 Nov 2016 07:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4045

Actions (login required)

View Item View Item