PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM DAN TAHFIDZ BAITUL QUR’AN MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

INA MAHFIROH, 2811123010 (2016) PENINGKATAN KEMAMPUAN HAFALAN AL-QUR’AN DALAM PEMBELAJARAN TAHFIDZUL QUR’AN DI SD ISLAM DAN TAHFIDZ BAITUL QUR’AN MANGUNSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (445kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (133kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peningkatan Kemampuan Hafalan Al-Qur’an Dalam Pembelajaran Tahfidzul Qur’an di SD Islam & Tahfidz Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung”, yang ditulis oleh Ina Mahfiroh ini dibimbing oleh Dr. H. Abd Aziz, M.Pd.I., NIP. 19720601 200003 1 002 Kata Kunci : Pembelajaran Tahfidzul Qur’an. Penelitian ini dilatar belakangi oleh berkurangnya kesadaran masyarakat Islam akan pentingnya belajar terutama belajar Al-Qur’an. Selain itu, kurangnya pengetahuan mereka tentang Al-Qur’an yang menjadikan masyarakat enggan mempelajarinya, padahal Al-Qur’an menjadi pedoman utama umat Islam dalam menjalani kehidupan di dunia. Al-Qur’an menjadi sumber dari semua pengetahuan yang ada dunia baik kehidupan terdahulu maupun yang akan datang. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mempelajari secara mendalam tentang isi Al-Qur’an karena Al-Qur’an tidak pernah menceritakan kebohongan untuk umat Islam. Rumusan masalah dala skripsi ini adalah (1) bagaimana strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?(2) bagaimana strategi setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?(3) Apakah faktor pendukung dan penghambat strategi sorogan dan setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SD Islam & Tahfidz Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung?. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung, untuk menjelaskan strategi setoran dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung , dan untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat strategi sorogan dalam pembelajaran tahfidzul qur’an di SDIT Baitul Qur’an Mangunsari Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pola dan jenis penelitian kualitatif. pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan tekhnik observasi partisipan, wawancara mendalam, serta tekhnik dokumentasi. Untuk analisa data digunakan tekhnik analisis deskriptif dalam upaya untuk membuat kesimpulan. Hasil penelitian menyebutkan, strategi sorogan yang diterapkan oleh guru merupakan salah satu strategi yang digunakan dalam membantu anak-anak dalam menghafal dan meningkatkan kualitas pembelajaran tahfidzul qur’an. Anak-anak lebih mudah dalam mengahafal dan guru pun bisa membantu serta bisa langsung mengoreksi dan memperbaiki bacaan atau tajwid dalam Al-Qur’an yang masih kurang benar. Strategi setoran adalah suatu strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kekuatan hafalan anak secara individu. Adapun dalam strategi setoran didukung oleh strategi lainnya anatara lain muroja’ah, talaqi, kompetisi dan program karantina. Faktor Pendukung guru SD Islam & Tahfidz Baitul Qur’an dalam menerapkan pembelajaran menghafal Al-Qur’an adalah faktor usia santri, faktor kecerdasan siswa, faktor tujuan dan minat menghafal Al-Qur’an, faktor waktu menghafal, dan faktor lingkungan. Sedangkan faktor-faktor yang dirasakan sering manghambat siswa dalam menghafal adalah munculnya sifat malas pada diri siswa, kesulitan siswa dalam menghafal, kelupaan siswa terhadap ayat-ayat yang telah dihafal, masih kurangnya perhatian orang tua dalam mendampingi siswa untuk takrir hafalan dirumah dan kebanyakan bermain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123010 INA MAHFIROH
Date Deposited: 20 Dec 2016 04:27
Last Modified: 20 Dec 2016 04:27
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4044

Actions (login required)

View Item View Item