STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-GHOZALI DESA PANJEREJO KEC REJOTANGAN TAHUN 2015/2016

AHMAD MUSTOFA, 2811123043 (2016) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS AL-GHOZALI DESA PANJEREJO KEC REJOTANGAN TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER DLL.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (396kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (177kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Peningkatan Mutu Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Al-Ghazali Panjerejo Kec. Rejotangan Tahun 2015-2016” ini ditulis oleh Ahmad Mustofa, NIM.2811123043, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung 2016, Dosen Pembimbing Anisatul Mufarokah, S.Ag, M.Pd Konteks Penelitian ini adalah mengingat tingkah laku remaja yang sekarang tidak jarang sudah terpengaruh oleh budaya barat, tentunya dalam hal negatif seperti halnya yang telah diungkapkan, seperti banyaknya para lulusan ataupun pelajar yang masih usia dini dan mereka sudah melakukan tindak kriminalitas, narkoba, pergaulan bebas, bolos sekolah dan lain sebagainya. Yang tentunya itu semua terjadi selain dari faktor pergaulan, sosial media juga termasuk dari pendidikan aqidah akhlak mereka yang rendah, karena dari aqidah akan terbangun sebuah pondasi iman yang kuat. Dan dari akhlak akan terbentuk suatu budi pekerti yang luhur dan mempunyai sikap yang baik. Adapun tujuan dari penelitian yang akan dilakukan ini adalah; (1) Untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran yang di lakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ghozali Desa Panjerejo Kec.Rejotangan, (2) Untuk mendiskripsikan kegiatan pembelajaran yang di lakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ghozali Desa Panjerejo Kec.Rejotangan, (3) Untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat pembelajaran pembelajaran yang di lakukan dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ghozali Desa Panjerejo Kec.Rejotangan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dengan langkah reduksi data, display data atau penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dilakukan dengan mengeceknya dengan berbagai sumber data dan memanfaatkan berbagai metode agar pengecekan kepercayaan data dapat dilakukan. Dengan metode ini diharapkan memperoleh data-data yang kongkrit dan sesuai dengan kebutuhan dalam penelitian yang dilaksanakan di MTs Al-Ghozali Panjerejo. Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa, Perencanaan pembelajaran yang di lakukan guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ghozali Desa Panjerejo Kec.Rejotangan meliputi : pertama. Seorang guru harus bisa membuat perencanaan pembelajaran sebaik mungkin. Kedua, profesionalisme seorang guru dan kreatifitas guru sangat dibutuhkan dalam menyesuaikan media, strategi dan metode pembelajaran dengan bahan ajar. Ketiga kesadaran seorang guru akan tujuan pembelajaran. Keempat, guru menganjurkan siswa untuk mempunyai sumber belajar lain selain LKS. Kegiatan pembelajaran yang di lakukan guru dalam strategi meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ghozali Panjerejo Kec.Rejotangan Tahun 2015-2016 meliputi: yang pertama, guru menjadi contoh atau suri tauladan bagi siswa. Kedua, perencanaan kegiatan pembelajaran membangkitkan kreatifitas siswa. Ketiga, kemampuan guru dalam mengenali karakteristik siswa supaya dapat mengatasi gangguan pembelajaran . Keempat, memotivasi semangat belajar siswa.Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran yang di lakukan guru dalam strategi meningkatkan mutu pembelajaran aqidah akhlak di MTs Al-Ghozali Panjerejo Kec.Rejotangan Tahun 2015-2016 meliputi: Pertama, faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan mutu pembelajaran ada dua, yaitu faktor internal atau faktor yang timbul dari siswa, dan faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari lembaga sekolah. Kedua, faktor yang menjadi pendukung dari peningkatan mutu pembelajaran akidah akhlak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123043 AHMAD MUSTOFA
Date Deposited: 03 Nov 2016 02:57
Last Modified: 03 Nov 2016 02:57
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4041

Actions (login required)

View Item View Item