PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI AL-WATHONIYAH TEGALREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

ARIS FITRIATUS SOFIA, 2817123017 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS III MI AL-WATHONIYAH TEGALREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover dan Awalan.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I A Fitria S.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II A Fitria S.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III A Fitria S.pdf

Download (133kB) | Preview
[img] Text
BAB IV A Fitria S.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
Text
BAB V A Fitria S.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Aris Fitriatus Sofia, NIM: 2817123017, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungahgung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, MA. Kata Kunci: Student Team Achievement Division, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik khususnya pada mata pelajaran IPA ini adalah kurang aktifan peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal tersebut ditambah dengan fakta bahwa proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru adalah metode kovensional yaitu ceramah, tanya jawab dan penugasan. Sehingga hasil belajar belajar peserta didik relatif rendah. Menyikapi permasalahan tersebut perlu diterapkan model pembelajaran yang tepat dan efektif yaitu model pembelajaran kooperatif diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan kemampuan kerjasama melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team achievement Division (STAD) pada mata pelajaran IPA materi gerak benda peserta didik kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? dan 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) peserta didik kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan kerjasama pada mata pelajaran IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) peserta didik kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2015/2016, dan 2) Mendskripsikan peningkatan hasil belajar IPA materi gerak benda melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) peserta didik kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Adapun pola penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas. Proses pelaksanaannya sendiri meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), (3) Refleksi (reflection). Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas III pada materi gerak benda. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes, observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi gerak benda. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata peserta didik dilihat dari siklus I ke siklus II yaitu yang semula 56,25 (pre test), meningkat menjadi 63,5 (post test siklus I) dan meningkat lagi menjadi 78,1 (post test siklus II). Selain itu peningkatan hasil belajar peserta didik juga dapat dilihat dari ketuntasan belajar peserta didik. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA kelas III MI Al-Wathoniyah Tegalrejo Rejotangan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 281712301 7 ARIS FITRIATUS SOFIA
Date Deposited: 01 Nov 2016 06:32
Last Modified: 01 Nov 2016 06:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4025

Actions (login required)

View Item View Item