PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 (Studi Multi Kasus di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung)

Abu Zaeni, 1755144001 (2016) PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER PADA KURIKULUM 2013 (Studi Multi Kasus di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
1-SAMPUL.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Moto-Abstrak -Daftar isi.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
1 BAB 1.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text
2 BAB 2.pdf

Download (476kB)
[img]
Preview
Text
3 BAB 3.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAB 4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 BAB 5.pdf

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 BAB 6.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Zaeni, Abu. 2016. Peran Guru dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 (Studi Multi Kasus di MIN Tunggangri Kalidawir dan SDI Bayanul Azhar Bendil Kulon Sumbergempol Tulungagung). Tesis. Pascasarjana IAIN Tulungagung. Pembimbing (1) Dr. H. As’aril Muhajir, M.Ag dan (2) Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Guru, Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013 Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh pendidikan di Indonesia yang ada sekarang dalam keadaan belum berhasil sepenuhnya terutama dalam hal penanaman karakter pada peserta didik. Untuk mewujudkan hal tersebut, maka disusunlah kurikulum terbaru ini yaitu kurikulum 2013. Dalam pelaksanaan pendidikan karakter pada kurikulum 2013 membutuhkan sosok yang bisa berperan dan tanggung jawab melaksanakan pendidikan karakter, yaitu adalah guru. Peran guru dalam pendidikan karakter merupakan hal yang sangat penting, guru yang berada dibarisan terdepan dalam pelaksanaan pendidikan karakter. Guru langsung berhadapan dengan peserta didik untuk mentrasfer ilmu pengetahuan dan teknologi sekaligus mendidik dengan nilai-nilai yang positif melalui bimbingan dan keteladanan. Penelitian ini berfokus pada peran guru sebagai motivator, model/teladan dan evaluator dalam melaksanakan pendidikan karakter pada kurikulum 2013 di MIN Tunggangri Dan SDI Bayanul Azhar. Pertanyaan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Peran Guru sebagai motivator dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN Tunggangri Dan SDI Bayanul Azhar? 2) Bagaimana Peran Guru sebagai model/teladan dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN Tunggangri Dan SDI Bayanul Azhar? 3) Bagaimana peran guru sebagai evaluator dalam pendidikan karakter pada kurikulum 2013 di MIN Tunggangri Dan SDI Bayanul Azhar? Tujuan penelitian dalam penulisan tesis ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan Peran Guru sebagai motivator dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN Tunggangri Dan SDI Bayanul Azhar. 2) Untuk mendiskripsikan Peran Guru sebagai model/teladan dalam Pendidikan Karakter pada Kurikulum 2013 di MIN Tunggangri Dan SDI Bayanul Azhar. 3) Untuk mendiskripsikan Peran Guru sebagai evaluator dalam pendidikan karakter pada kurikulum 2013 di MIN Tunggangri Dan SDI Bayanul Azhar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan rancangan studi multi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisa data kasus tunggal dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, serta analisis data lintas kasus. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitiannya adalah 1) Peran guru sebagai motivator dalam pendidikan karakter pada kurikulum 2013 di MIN Tunggangri dan SDI Bayanul Azhar dengan masing-masing karakter memotivasinya melalui; a) Religius, guru memotivasi dengan memberi nasehat kepada siswa, memberi tugas kepada siswa, memberi hadiah kepada siswa yang telah melakukan pembiasaan dan memberi hukuman. b) Disiplin, guru memotivasi dengan memberi tugas kepada siswa dan hukuman bagi siswa yang kurang disiplin. c) Peduli social, guru memotivasi dengan memberi tugas untuk berbagi kepada sesama dan pemberian pujian bagi siswa yang telah membantu sesama. d) Tanggung jawab, guru memotivasi dengan memberi tugas kepada siswa, memberi pujian kepada siswa yang telah tanggung jawab dan memberi hukuman. 2) Peran guru sebagai model/teladan dalam pendidikan karakter pada kurikulum 2013 guru memberi teladan bagi siswa dengan; a) Religius; guru memberi teladan dengan guru juga ikut melasanakan kegiatan religius bersama dengan siswa. b) Disiplin; guru memberi teladan dengan guru ketika datang ke sekolah tepat waktu, dan guru memberikan nilai kepada siswa tepat waktu. c)Peduli social; guru memberi teladan dengan guru jika ada warga sekitar atau teman guru atau keluarga siswa yang meninggal maka guru akan takziah. d) Tanggung jawab; guru melaksanakan tugasnya yang telah menjadi tanggung jawabnya. 3) Peran guru sebagai evaluator dalam pendidikan karakter pada kurikulum 2013 yaitu guru mengevaluasi karakter dengan cara; a) Religius; guru menilai karakter siswa melalui pengamatan langsung, penilaian diri dan penilian antar teman. b) Disiplin; guru menilai karakter siswa melalui pembiasaan sahari-hari siswa. c) Peduli social; guru menilai karakter siswa melalui pengamatan langsung atau pengamatan dari temannya. d) Tanggung jawab; guru menilai karakter siswa melalui penilaian langsung kepada siswa dari tugas yang diberikan oleh guru.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: M.Pd.I 1755144001 Abu Zaeni
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:34
Last Modified: 01 Nov 2016 04:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4022

Actions (login required)

View Item View Item