PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MAN REJOTANGAN

RIZA ZIANA CHOLIDA, 2811123198 (2016) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MAN REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER DAN LAIN-LAIN.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (72kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RUJUKAN.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Akhlakul Karimah Siswa di MAN Rejotangan”, ini ditulis oleh Riza Ziana Cholida, NIM. 2811123198, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M. Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa peran guru akidah akhlak sangatlah penting dalam membentuk akhlakul karimah siswa. Karena tingkat kemuliaan akhlak erat kaitannya dengan tingkat keimanan, salah satunya di wujudkan melalui tingkah laku yang terpuji. Hal ini merupakan sesuatu yang menarik, karena guru akidah akhlak memberikan perannya dalam membentuk akhlakul karimah secara langsung kepada siswa di sela-sela mata pelajaran akidah akhlak. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai pembimbing dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MAN Rejotangan? (2) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MAN Rejotangan? (3) Bagaimana peran guru akidah akhlak sebagai komunikator dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MAN Rejotangan?. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka pembinaan dan peningkatan mutu pengajaran, bagi para guru Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan sebagai bahan kajian dan renungan untuk memperbaiki akhlak siswa. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Proedur pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.Kemudian untuk mengecek keabsahan data terebut di lakukan melalui perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, riview. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) Peran guru akidah akhlak sebagai pembimbingselain memberikanbimbingan dalam mengarahkan dan menemukan potensi siswa namun peran guru sebagai pembimbing juga membimbing akhlakul karimah siswa. (2) Peran guru akidah akhlak sebagai motivatorberarti guru berupaya memberikan dorongan, dongkrakan kepada siswa, dapat di lakukan dengan memberikan menepuk pundak, acungan jempol, tepuk tangan, hukuman, pujian, hal ini dilakukan agar siswa mau dan mudah merubah menjadi akhlak yang baik. (3) Peran guru akidah akhlak sebagai komunikator akan menjalin hubungan komunikasi yang baik dengan siswa, dengan komunikasi guru akan semakin mudah memahami karakter siswa, serta menjalin hubungan dekat dengan siswa, sehingga siswa memiliki sifat terbuka serta membiasakan siswa memiliki komunikasi yang baik kepada siapapun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123198 RIZA ZIANA CHOLIDA
Date Deposited: 31 Oct 2016 03:58
Last Modified: 31 Oct 2016 03:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4012

Actions (login required)

View Item View Item