METODE MENGHAFAL JUZ AMMA YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS (STUDI MULTISITUS DI MI AL – HUDA KARANGSARI REJOTANGAN DAN MIN PANDANSARI NGUNUT)

Sri putrianingsih, 1755144031 (2016) METODE MENGHAFAL JUZ AMMA YANG TERINTEGRASI DALAM MATA PELAJARAN AL- QUR’AN HADITS (STUDI MULTISITUS DI MI AL – HUDA KARANGSARI REJOTANGAN DAN MIN PANDANSARI NGUNUT). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL , abstrak, moto, persembahan.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I TESIS.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II TESIS.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
BAB III TESIS.pdf

Download (358kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV TESIS.pdf

Download (824kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V tesis.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI TESIS.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (300kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan judul “Metode Menghafal Juz Amma yang Terintegrasi Dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits (Studi Multisitus Di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan dan MIN Pandansari Ngunut)”. Tesis 2016, Pascasarjana Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam IAIN Tulungagung, ditulis oleh Sri Putrianingsih dengan dibimbing oleh Dr. H. Muwahid shulhan, M.Ag dan Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd Kata kunci : metode menghafal, prestasi belajar Al-Qur’an Hadits Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam pendidikan secara operasional menjadi tugas dan kewajiban umat Islam untuk selalu menjaga dan memelihara Al-Qur’an, salah satunya dengan menghafalkannya. Namun pada zama sekarang ini banyak umat Islam yang telah meninggalkan Al-Qur’an, tidak mempelajari, tidak membaca bahkan tidak menghafalkannya. Masih sedikit lembaga pendidikan Islam yang mengadakan program menghafal Al-Qur’an Hadits pada tingkat MI menghafal juz amma. Untuk menarik minat mereka, perlu adanya penggunaan metode pembelajaran yang mudah dan sistematis. Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran menghafal Al-Qur’an yang mudah dan sistematis untuk menunjang keberhasilan dalam menghafal Al-Qur’an. Ada beberapa metode yang digunakan dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan dan MIN Pandansari Ngunut Tulungagung. Pertanyaan penelitian dalam penulisan ini adalah (1) bagaimana penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan dan MIN Pandansari Ngunut? (2) Bagaimana hasil penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan dan MIN Pandansari Ngunut?. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memaparkan penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan dan MIN Pandansari Ngunut. (2) memaparkan hasil penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan dan MIN Pandansari Ngunut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang memilih lokasi di MI Al-Huda Karangsari Rejotangan dan MIN Pandansari Ngunut dengan rancangan studi multisitus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pengamatan atau observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Untuk menghindari kesalahan dalam penelitian, maka dilakukan uji keabsahan data dengan triangulasi data menggunakan sumber, teori dan metode. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan hasil kesimpulan. Berdasarkan analisis data, hasil penelitian ini: (1) dalam menerapkan metode menghafal harus ada buku materi, penyusunan jadwal pelaksanaan, guru pengajar, target pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pembelajaran, di MI Al-Huda Karangsari meliputi metode kulli, metode juz’i, metode drill. Sedangkan metode yang digunakan dalam pembelajaran di MIN Pandansari Ngunut meliputi metode jama’, metode wahdah, metode takrir, metode drill, metode sorogan atau setoran hafalan. (2) hasil penerapan metode menghafal juz amma yang terintegrasi dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits membentuk karakter peserta didik yang berakhlakul karimah, memberi bekal ilmu keagamaan yang kuat untuk bekal masa depan, membentk generasi muda yang bertaqwa dan beriman,selain itu juga diadakan evaluasi setoran, evaluasi penilaian dan kelulusan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755144031 Sri putrianingsih
Date Deposited: 28 Oct 2016 06:18
Last Modified: 28 Oct 2016 06:18
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/4003

Actions (login required)

View Item View Item