PENGARUH KARAKTER USTADZAH TERHADAP MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PADA USIA ANAK-ANAK DI TPQ AL-MAHBUB DS. PAKEL KEC. SELOPURO KAB. BLITAR

ABIDATUL MUTHOHAROH, 2811123033 (2016) PENGARUH KARAKTER USTADZAH TERHADAP MINAT BELAJAR AL-QUR’AN PADA USIA ANAK-ANAK DI TPQ AL-MAHBUB DS. PAKEL KEC. SELOPURO KAB. BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (543kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (938kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (200kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Karakter Ustadzah terhadap Minat Belajar Al-Qur’an pada Usia Anak-Anak di TPQ Al-Mahbub Ds. Pakel Kec. Selopuro Kab. Blitar” ini ditulis oleh Abidatul Muthoharoh, NIM. 2811123033, pembimbing Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Karakter Ustadzah, Minat Belajar Al-Qur’an Santri. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa cara mengajar ustadzah dengan melibatkan watak atau karakter yang melekat pada ustadzah dapat mempengaruhi minat belajar Al-Qur’an santri. Seperti halnya santri yang biasanya jarang masuk mengikuti pembelajaran Al-Qur’an atau santri yang tidak memperhatikan dengan baik proses pembelajaran Al-Qur’an yang di berikan ustadzah di dalam kelas dapat dilakukan berbagai cara oleh karakter ustadzahnya dengan memberikan kepeduliannya berupa dorongan motivasi atau perhatiannya terhadap belajar Al-Qur’an santri untuk menumbuhkan minat belajar Al-Qur’an. Apalagi pada usia anak-anak yang tergolong masih baru mengenyam pendidikan, mereka membutuhkan perhatian secara penuh dari ustadzahnya dalam kegiatan belajar. Sehingga, dalam hal ini penelitian menghubungkan masalah karekter ustadzah dengan minat belajar Al-Qur’an santri pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh karakter ustadzah terhadap minat belajar membaca Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub? (2) Adakah pengaruh karakter ustadzah terhadap minat belajar menulis Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub? (3) Adakah pengaruh karakter ustadzah terhadap minat belajar menghafal Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub? (4) Adakah pengaruh secara bersamasama karakter ustadzah terhadap minat belajar membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakter ustadzah terhadap minat belajar Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah TPQ Al-Mahbub Pakel Selopuro, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan proses pengajaran dan keberhasilan belajar santri, bagi para ustadzah di TPQ Al-Mahbub Pakel Selopuro sebagai rujukan untuk meningkatkan cara mengajar ustadzah dalam minat belajar Al-Qur’an. Bagi para santri di TPQ Al-Mahbub Pakel Selopuro sebagai bahan kajian dan renungan untuk menumbuhkan minat belajar Al-Qur’an. Bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang karakter ustadzah dan minat belajar Al-Qur’an santri di TPQ Al-Mahbub Pakel Selopuro, dan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi, sampel, kegiatan pembelajaran, sarana dan prasarana pendidikan dan dokumen madrasah. Hasil penelitian menunjukkan pada rumusan masalah satu diperoleh nilai t-hitung = 1,837 dibandingkan dengan nilai t-tabel = 2.026 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian t-hitung < t-tabel akibatnya Ho diterima dan Ha di tolak sehingga (1) tidak ada pengaruh yang signifikan karakter ustadzah terhadap minat belajar membaca Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub. Pada rumusan masalah kedua diperoleh nilai t-hitung = 2,187 dibandingkan dengan nilai t-tabel = 2.026 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian t-hitung > t-tabel akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga (2) Terdapat pengaruh yang signifikan karakter ustadzah terhadap minat belajar menulis Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub. Pada rumusan masalah ketiga diperoleh nilai thitung = 0, 730 dibandingkan dengan nilai t-tabel = 2.026 pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian t-hitung < t-tabel akibatnya Ho diterima dan Ha di tolak sehingga (3) Tidak ada pengaruh yg signifikan karakter ustadzah terhadap minat belajar menghafal Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub. Pada rumusan masalah keempat diperoleh nilai F-hitung = 21.461 dengan signifikansi 0,000 sedangkan nilai sig < α (0,05) akibatnya Ho ditolak dan Ha diterima sehingga (4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama karakter ustadzah terhadap minat belajar membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an pada usia anak-anak di TPQ Al-Mahbub.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123033 Abidatul Muthoharoh
Date Deposited: 19 Oct 2016 07:39
Last Modified: 19 Oct 2016 07:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3955

Actions (login required)

View Item View Item