UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

ROFIQ ARFAN FANANI, 3211113157 (2016) UPAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPN 2 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (426kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV + V.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Upaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan kualitas Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung”, ini ditulis oleh Rofiq Arfan Fanani Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dibimbing oleh Dr. H. Akhyak, M.Ag Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Madrasah, Kualitas Pendidikan Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh banyak lembaga pendidikan yang dapat tumbuh dan berkembang menjadi lebih baik dan ada pula yang mengalami kemandekan dan bahkan tinggal menunggu kehancurannya. Adapun salah satu faktor penyebabnya adalah terletak pada kompetensi dan kepemimpinan Kepala Sekolah dalam memenej sekolah. Apabila seorang Kepala Sekolah tidak bisa mengatur, mempengaruhi, mengajak anggotanya untuk meraih tujuan pendidikan, kurang bisa memanfaatkan peluang yang ada, dan cenderung menerapkan gaya kepemimpinan yang sekedar melaksanakan tugas rutin, maka jangan diharapkan kualitas pendidikan akan mengalami peningkatan. Sebaliknya jika seorang Kepala Sekolah tersebut memiliki potensi yang cukup baik, maka ia akan cenderung untuk terus meningkatkan organisasi pendidikan di lembaga yang dipimpinnya. Sehingga dengan sendirinya kualitas pendidikan ikut meningkat. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana upaya kepala sekolah melalui supervisi kreativitas guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? 2) Bagaimana upaya kepala sekolah melalui motivasi kinerja guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? 3) Bagaimana upaya kepala sekolah melalui leader dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung? Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini jika ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi Partisipan, Wawancara (interview), Dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) Reduksi data, 2) Penyajian data dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Upaya kepala sekolah melalui supervisi kreativitas guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dengan jalan: a) meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan strategi yaitu guru mengkombinasikan sesuatu yang sudah ada menjadi sesuatu yang lain agar lebih menarik. b) kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan metode, penggunaan metode yang baru dapat memberikan inovasi yang baru dalam dunia pendidikan. c) Kreativitas guru dalam memilih dan menggunakan media sangat penting untuk dilakukan, d) kreativitas guru dalam pengelolaan kelas, 2) Upaya kepala sekolah melalui motivasi kinerja guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dengan jalan: a) mengupayakan gaji guru perlu senantiasa disesuaikan agar mencapai standar yang wajar bagi kehidupan tenaga kependidikan dan keluarganya. b) ketrampilan guru perlu dipersiapkan secara matang dalam meningkatkan mutu pendidikan. c) guru merupakan salah satu kunci utama berhasil atau tidak gerakan pendidikan, d) kepala sekolah mengikutsertakan dalam pendidikan dan latihan, seminar serta workshop. 3) Upaya kepala sekolah melalui leader dalam meningkatkan kualitas pembelajaran guru PAI di SMPN 2 Sumbergempol Tulungagung dengan jalan: a) mengembangkan wawasan pemahaman siswa tentang ibadah, b) mengembangkan kegiatan keagamaan di bulan ramadhan diwajibkan zakat fitrah dan hari raya Idul Adha diadakan kurban yang disaksikan dan dilakukan oleh siswa dalam proses penyembelihan hewan kurban.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211113157 ROFIQ ARFAN FANANI
Date Deposited: 06 Jan 2017 02:50
Last Modified: 06 Jan 2017 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3954

Actions (login required)

View Item View Item