PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI REJOTANGAN

ULFATUL KAROMAH, 2811123221 (2016) PERAN GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA VISUAL DI MADRASAH ALIYAH NEGERI REJOTANGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (244kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Media Visual di Madrasah Aliyah Negeri Rejotangan” ini yang ditulis oleh Ulfatul Karomah, NIM. 2811123221, pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag Kata Kunci: Peran guru, Motivasi, dan Media Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi dilingkungan sekolah. Minimnya minat atau motivasi belajar siswa terhadap bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI). Padahal bidang studi ini sangatlah penting, karena dengan mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dapat membentuk watak dan kepribadian umat dari tokoh-tokoh terdahulu. Hal ini mendorong guru untuk merancang dan mengemas pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) menjadi pelajaran menyenangkan yang di dalamnya terdapat media pembelajaran yang dapat divisualkan untuk menarik motivasi belajar siswa terhadap bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran guru sejarah kebudayaan dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media gambar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejotangan? (2) Bagaimana peran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media slide di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejotangan? (3) Faktor-faktor apa saja yang menjadi penghambat dan pendukung peran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media visual di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejotangan?. Dari fokus tersebut, adapun tujuannya yakni sebagai berikut: 1) Mengetahui peran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media gambar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejotangan. 2) mengetahui peran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media slide di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejotangan. 3) Dapat mengidentifikasi faktor-faktor penghambat dan pendukung peran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media visual di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Rejotangan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pola deskriptif yaitu memaparkan segala sesuatu ataupun keadaan sesuatu secara sistematis sehingga obyek penelitian menjadi jelas. Dan metode dalam penelitian ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Metode observasi digunakan untuk mengumpulkan data (informasi) dengan jalan mengadakan pengamatan terhadap kegiatan yang sedang berlangsung. Metode interview digunakan untuk mengumpulkan data atau informasi yang digali dari sumber data langsung melalui percakapan atau tanya jawab. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh informasi dari macam-macam sumber tertulis atau dari dokumen yang ada pada informan. Dari metode pengumpulan data tersebut data akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data dengan mereduksi data yang telah diperoleh dilapangan, yang kemudian disajikan (data display), setelah melalui tahap itu data akan diverifikasi sehingga data yang diperoleh dapat dipahami. Hasil penelitian dengan menggunakan beberapa metode di atas, ditemukan sebagai berikut (1) Peran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media gambar yakni sebagai pengajar dan pendamping (2) Peran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media slide. Guru berperan sebagai fasilitator, pemimpin, guru juga berperan sebagai motivator bagi siswa yang akan mengikuti pelajaran SKI. Guru mengarahkan perhatian siswa untuk berkonsentrasi kepada isi pelajaran yang berkaitan dengan makna visual yang ditampilkan atau menyertai teks materi pelajaran. (3) faktor pendukung peran guru sejarah kebudayaan Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui media visual yakni, sarana prasarana yang disediakan oleh sekolah, ketrampilan yang dimiliki oleh guru, apresiasi dari murid-murid, karakter siswa yang berbeda-beda. Sedangkan faktor penghambatnya, yakni terjadinya pemadaman listrik, sarana prasarana rusak, kurangnya sarana yang disediakan, karakter siswa yang berbeda-beda, pelaksanaan jam pelajaran yang berada di akhir jam, serta kondisi siswa itu sendiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Kebudayaan Islam
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123221 ULFATUL KAROMAH
Date Deposited: 29 Dec 2016 03:45
Last Modified: 29 Dec 2016 03:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item View Item