PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM [STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 1 NGUNUT TULUNGAGUNG]

CHOIRUL ANDAYANI, 2811123065 (2016) PENGUATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM [STUDI KASUS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) 1 NGUNUT TULUNGAGUNG]. [ Skripsi ]

[img] Text
Anday_COVER_22-05-16.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Andayani_BAB I_22-05-16.pdf

Download (170kB)
[img] Text
Andayani_bab II_22-05-16.pdf

Download (279kB)
[img]
Preview
Text
Andayani_BAB III_26-02-16.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Andayani_BAB IV_22-05-16.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Andayani_bab V_22-05-16.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Andayani_BAB VI_22-05-16.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Andayani_DAFTAR PUSTAKA_22-05-16.pdf

Download (582kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Choirul Andayani, NIM 2811123065, “Penguatan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam [Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Ngunut Tulungagung]”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, 2016, Dosen Pembimbing Drs. H. Ali Rohmad, M. Ag. NIP: 196111101990011001, NIDN:2010116102. Kata Kunci: Penguatan, Motivasi Belajar, Pendidikan Agama Islam. Fokus penelitian : 1.Bagaimana penguatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diaktualisasikan oleh guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ?, 2. Bagaimana penguatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang diaktualisasikan oleh pimpinan sekolah di SMPN 1 Ngunut Tulungagung ?. Pendekatan : penelitian Kualitatif. Jenis Penelitian : studi kasus. Lokasi penelitian : SMPN 1 Ngunut Tulungagung. Kehadiran peneliti : dari tanggal 28 Januari sampai 12 Maret 2016. Sampling : purposive sampling, dan snow ball sampling. Sumber data : informan, peristiwa/aktivitas, dokumen/arsip, lingkungan fisik dan sosial sekolah. Metode pengumpulan data : observasi-partisipan, wawancara mendalam, dokumentasi. Prosedur analisis data : data reduction, data display, conslusion drawing (verification). Metode analisis data : deduksi dan komparasi diterapkan dalam bab I, bab II, bab III; induksi diterapkan dalam bab IV dan bab V. Pengecekan keabsahan data : 1. credibility (derajat kepercayaan) melalui a. perpanjangan keikutsertaan, b. ketekunan/keajegan pengamatan, c. triangulasi (antar sumber data, antar metode penelitian, antar waktu, pengecekan sejawat, teori/kebijakan); 2. Dependabilitas (ketergantungan) : dosen pembimbing selaku auditor; 3. Confirmability (objektifitas) : desain penelitian dianggap baik dan benar, fokus penelitian dianggap tepat, sajian literature dianggap relevan, kinerja instrumen dan cara pendataan dianggap akurat, teknik pengumpulan data dianggap sesuai dengan fokus penelitian, analisis data yang diterapkan dianggap benar, hasil penelitian dianggap bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan; 4. transferability (keabsahan external) : hasil penelitian ini dianggap dapat diaplikasikan di lokasi penelitian yang lain. Hasil penetilian: 1. Penguatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI yang ditempuh oleh jajaran guru mata pelajaran PAI di SMPN 1 Ngunut Tulungagung adalah melalui : a. Penerapan pembelajaran teoritik dan praktik. b. Penerapan pendekatan personal dalam pembelajaran.c. Pembiasaan shalat dluha berjama’ah dan shalat dzuhur berjama’ah dengan pemberlakukan absensi khusus. d.Pembiasaan pembacaan shalawat irfan untuk mengawali pelajaran. e. Penerapan metode pembelajaran yang variatif (seperti : ceramah, cerita, nasehat, tanya jawab, diskusi. Pujian, hukuman).f. Penerapan model pembelajaran yang up-to-date (seperti : model pembelajaran berbasis masalah, model pembelajaran kooperatif, model pembelajaran inkuiri). g. Pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai (seperti : LCD, dll). h. Penciptaan persaingan sehat antar siswa. i.Penciptaan situasi belajar yang kondusif. j. Perlakuan terhadap siswa secara adil. 2. Penguatan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI yang ditempuh oleh jajaran pimpinan sekolah di SMPN 1 Ngunut Tulungagung adalah : a. Mengharuskan guru mata pelajaran PAI senantiasa memperkokoh motivasi belajar siswa. b.Menyediakan sarana dan prasarana pembelajaran PAI yang relatif memadai (seperti : ruang kelas, masjid, perpustakaan, LCD, laboratorium, dll). c. Menerapkan program pemberian hadiah kepada siswa berprestasi pada saat kenaikan kelas, dan pemberian piagam penghargaan siswa berprestasi untuk kelas paralel. d. Menerapkan program Jum’at bersih. e.Menerapkan program sholat Jum’at di masjid milik sekolah. f. Menerapkan program remaja masjid. g. Menerapkan program pendidikan secara holistik-integratif dengan mengikut-sertakan para pihak terkait seperti guru wali kelas dan guru BP untuk menguatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 2811123065 choirul andayani
Date Deposited: 11 Oct 2016 04:04
Last Modified: 11 Oct 2016 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3935

Actions (login required)

View Item View Item