PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

RIAN HERMANTO, 2817123134 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (369kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (575kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (58kB)

Abstract

ABSTRAK Rian, Hermanto. 2016: “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung”. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Moh. Arif, M.Pd Kata kunci: Kooperatif, Teams Games Tournament, Hasil Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di SDI Miftahul Huda Plosokandang peserta didik masih lemah dalam penguasaan serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan oleh guru, khususnya mata pelajaran IPA, karena peserta didik selalu diberi pembelajaran dengan metode yang membuat peserta didik kurang berkembang, sehingga dapat mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang memuaskan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament sebagai salah satu model pembelajaran yang menjadikan pembelajaran lebih efektif, kreatif, dan menyenangkan karena peserta didik terlibat aktif dalam pembelajaran. Sehingga diharapkan dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dalam pembelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam bagi peserta didik kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam peserta didik kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam bagi peserta didik kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament pada mata pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam peserta didik kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V mata pelajaran IPA materi daur air dan peristiwa alam. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi, dan angket. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik minimal mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model TGT adalah dengan cara membagi peserta didik kedalam beberapa kelompok belajar. Setiap kelompok diberikan satu set kartu soal dan lembar jawaban, kemudian setiap peserta didik memainkan game dengan mengambil kartu soal untuk dikerjakan di lembar jawaban secara bergantian sampai waktu yang telah ditetapkan habis. Tahap selanjutnya perhitungan poin dan pengumuman kelompok yang menjadi juara. (2) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan, hal ini dibuktikan dari hasil pre test, siklus I dan siklus II dengan nilai rata-rata pre test 60,60 (33,33%), siklus I 68,63 (51,52%), siklus II 80,75 (81,82%). Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament dapat meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik kelas V SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123134 RIAN HERMANTO
Date Deposited: 10 Oct 2016 06:45
Last Modified: 10 Oct 2016 06:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3932

Actions (login required)

View Item View Item