PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN TESTIMONI PERIKLANAN TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DI BTM MENTARI NGUNUT

KHALISHAH MUTTAQIYATULLOH, 2823123076 (2016) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MARKETING DAN TESTIMONI PERIKLANAN TERHADAP KEPERCAYAAN NASABAH DI BTM MENTARI NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (395kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Sekripsi dengan judul “pengaruh customer relationship marketing dan testimoni periklana terhadap kepercayaan nasabah di BTM Mentari Ngunut” ini di tulis oleh khalishah muttaqiyatulloh, NIM. 2823123076, pembimbing H. Dede Nurohman, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena setrategi pemasaran customer relationship marketing dan testimoni periklanan mempengaruhi kepercayaan nasbah dalam kenaikan jumlah nasabah di BMT Mentari Ngunut. Dalam hal ini peneliti menhubungkan masalah customer relationship marketing dan testimoni periklanan. Fokus penelitian dalam penulisan sripsi ini adalah (1) Apakah strategi Customer Relationship Marketing signifikan terhadap kepercayaan nasabah di BTM Mentari Ngunut? (2) Apakah strategi Testimoni Periklanan signifikan terhadap kepercayaan nasabah di BTM Mentari Ngunut? (3) Apakah Customer Relationship Marketing dan Testimoni Periklanan signifikan terhadap kepercayaan nasabah di BTM Mentari Ngunut? Jenis penelitian ini menggunakan rumusan masalah asosiatif yaitu suatu rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan hubungan antara dua variabel atau lebih. Variabel yang diangkat dalam penelitian ini meliputi variabel bebas (X1, X2,) dan variabel terikat (Y). Variabel bebas (X) pada penelitian ini adalah CRM dan testimoni periklanan, tingkat bagi hasil dan biaya administrasi, sedangkan variabel terikat (Y) adalah kepercayaan nasabah. Strategi Customer Relationship Marketing signifikan terhadap kepercayaan nasabah di BTM Mentari Ngunut. Customer relationship marketing merupakan salah satu strategi BTM untuk membangun relasi jangka panjang guna menciptakan loyalitas pelanggan serta perusahaan harus mempertahankan dan meningkatkan bisnis. BTM dapat menciptakan ikatan yang kuat dengan pelanggan melalui pengindividuan dan personalisasi hubungan. Koefisien regresi X1 (customer relationship marketing) sebesar 0,308 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 pada variabel customer relationship marketing akan meningkatkan nilai kepercayaan nasabah sebesar 0,308. Dan sebaliknya, jika kualitas pelayanan menurunkan 1, maka keputusan untuk menjadi nasabah juga diprediksi mengalami penurunan sebesar 0,308. Hasil uji t dapat disimpulkan bahwa pada variabel Customer Relationship Marketing (X1) dengan probabilitas sebesar 0,034 yang nilainya dibawah 0,05. Dengan demikian H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh positif yang signifikan kualitas pelayanan terhadap kepercayaan nasabah (Y) Strategi Testimoni Periklanan signifikan terhadap kepercayaan nasabah di BTM Mentari Ngunut.Testimoni periklanan adalah iklan yang memberikan kesaksian konsumen terhadap sebuah produk, barang atau jasa. Masih dalam konteks advertaising dan selam isi yang ataupun perkataan yang disampaikan relevan dengan keadaan produk dan jasa yang telah dialami. Koefisien regresi X2 (testimoni periklanan) sebesar 0,154 menyatakan bahwa setiap penambahan 1 pada variabel testimoni periklanan, akan menambah nilai kepercayaan nasabah sebesar 0,154. Dan sebaliknya, jika nilai testimoni periklanan menurunkan 1 pada variabel testimoni periklanan, akan menurunkan kepercayaan nasabah sebesar 0,154. Hasil uji t dapat disimpulkan bahwa pada variabel Testimoni Periklanan (X2) dengan probabilitas sebesar 0,312 yang nilainya diatas 0,05. Dengan demikian H2 ditolak yang artinya testimoni periklanan berpengaruh positif yang tidak signifikan terhadap kepercayaan nasabah (Y) Hasil penelitian Customer Relationship Marketing dan Testimoni Periklanan signifikan terhadap kepercayaan nasabah di BTM Mentari Ngunut. Untuk mengetahui hasil Customer Relationship Marketing dan Testimoni Periklanan signifikan terhadap kepercayaan nasabah di BTM Mentari Ngunut peneliti menguji dengan menggunakan uji F yaitu dengan probabilitas sebesar 0,018 yang nilainya dibawah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa semua variabel independen yaitu customer relationship marketing dan testimoni periklanan berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap kepercayaan nasabah BTM Mentari Ngunut Tulungagung. Dengan demikian H3 diterima. Koefisien determinasi (R2) mengukur seberapa jauh kemampuan model dalam menerangkan variasi variabel pertumbuhan laba. Nilai koefisien determinasi antara 0 dan 1. Nilai R2 yang mendekati satu berarti variabel independent penelitian memberikan hampir semua informasi yang dibutuhkan untuk memprediksi variasi variabel kepercayaan nasabah. Angka R = 0,470 menunjukkan bahwa korelasi atau hubungan sangat kuat. Hubungan variabel X1 (customer relationship marketing) dan X2 (testimoni periklanan) dengan Y (kepercayaan nasabah) tidak mempengaruhi. Angka R square dan koefisien determinasi adalah 0,221 (berasal dari 0,470 x 0,470). Angka Adjusted R Square adalah 0,172 artinya 17,2% variabel terikat kepercayaan nasabah dijelaskan oleh variabel customer relationship marketing, testimoni periklanan dan sisanya 17,2% (100-17,2%) dijelaskan oleh variabel lain di luar variabel yang digunakan Kata kunci: Customer Relationship Marketing, Testimoni Periklanan dan Kepercayaan

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823123076 Khalishah Muttaqiyatulloh
Date Deposited: 03 Oct 2016 03:08
Last Modified: 03 Oct 2016 03:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3909

Actions (login required)

View Item View Item