PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KINERJA GURU di SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016

NALA TITIMATUL FIKROH, 2811123173 (2016) PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATAN KINERJA GURU di SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG TAHUN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Sampul.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (528kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Fikroh, Nala Titimatul. NIM. 2811123173. 2016. Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam Peningkatan Kinerja Guru di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung Tahun 2015/2016. Pendidikan Agama Islam Negeri Tulungagung (PAI). Institut Agama Islam Negeri Tulungagung (IAIN Tulungagung) Dosen pembimbing Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag Kata Kunci: Supervisi Akademik, Kinerja Guru Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung yang menunjukkan bahwa kepala sekolah sebagai pengelola sekolah mampu membimbing para guru untuk meningkatkan kualitas kerjanya. Salah satunya melalui kegiatan supervisi akademik yang dilakukan di sekolah. Sudah diketahui bahwa output dari sekolah ini bisa dikategorikan baik. Sedangkan output yang baik berasal dari pendidik yang baik. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan pendidik yang berkualitas. Sehingga tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kepala sekolah menerapkan supervisi akademik Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1)Prinsip apa saja yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam kegiatan supervisi akademik guna peningkatan kinerja guru di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, (2) Bagaimana langkah-langkah supervisi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, (3) Bagaimana tindak lanjut pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Tujuan penelitian ini, adalah: (1)Mengetahui prinsip-prinsip yang diterapkan oleh kepala sekolah dalam kegiatan supervisi akademik guna peningkatan kinerja guru di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung.(2) Mengetahui langkah-langkah supervisi yang digunakan oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. (3) Mengetahui tindak lanjut pelaksanaan supervisi oleh kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Metode Penelitian yang digunakan: (1) kualitatif, peneliti sebagai key instrument. (2) Sumber data penelitian, kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan, guru-guru di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, (3) Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. (4) Teknik analisis data yang digunakan, reduksi, penyajian data dan verifikasi data. (5) Teknik pengecekan keabsahan temuan melalui empat kriteria, yaitu credibility, transferability, dependability dan confirmability. Temuan Penelitian: (1) Prinsip yang digunakan kepala sekolah dalam pelaksanaan supervisi akademik guna peningkatan kinerja guru ada empat prinsip. Yaitu prinsip ilmiah, prinsip demokratis, prinsip kerjasama dan prinsip konstruktif dan kreatif. (2) Langkah-langkah pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru melalui tiga tahapan. Tahapan pertama berupa pertemuan awal. Yang terdiri dari penyusunan jadwal supervisi, penyusunan supervisor, guru yang akan disupervisi, serta penyusunan instrument spervisi. Tahap yang kedua berupa observasi kelas yang terdiri dari dua macam teknik. Teknik yang pertama berupa kunjungan kelas secara incidental, teknik yang kedua musyawarah dan pertemuan. Tahap yang ketiga berupa umpan balik atau evaluasi dari hasil kegiatan supervisi akademik. (3) Tindak lanjut pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam peningkatan kinerja guru melalui beberapa cara, yakni dilaksanakan pengangkatan status guru, pembinaan bersama, pelatihan, diikutkan guru senior, dialog pribadi dengan kepala sekolah, serta dibina sampai sesuai dengan standar kinerja yang ditetapkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123173 NALA TITIMATUL FIKROH
Date Deposited: 30 Sep 2016 04:25
Last Modified: 30 Sep 2016 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3899

Actions (login required)

View Item View Item