PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

fitria ulfa fadilah, 2817123069 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB PADA PESERTA DIDIK KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAB AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (137kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Dalam Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V Di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Fitria Ulfa Fadilah, NIM. 2817123069, Jurusan PGMI, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Numbered Heads Together, Motivasi belajar, hasil belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi pembelajaran Bahasa Arab di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung yang masih cenderung menggunakan model pembelajaran konvensional dan hasil belajar peserta didik masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together. Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman peserta didik dalam belajar Bahasa Arab, sehingga keaktifan, motivasi dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat. Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan Bahasa Arab materi فِى اْلمَقْصَفِ melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? (2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar Bahasa Arab pada materi فِى اْلمَقْصَفِ melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Arab pada materi فِى اْلمَقْصَفِ melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung ? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendisripsikan peningkatan keaktifan Bahasa Arab materi فِى اْلمَقْصَفِ melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. (2) Untuk mendisripsikan peningkatan motivasi belajar Bahasa Arab pada materi فِى اْلمَقْصَفِ melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. (3) Untuk mendisripsikan peningkatan hasil belajar Bahasa Arab pada materi فِى اْلمَقْصَفِ melalui penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah dokumentasi, tes, observasi, wawancara, angket dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi Peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar Bahasa Arab. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan keaktifan belajar peserta didik dari siklus I adalah 73,8% (tinggi) ke akhir tindakan siklus II yaitu mencapai 86,1% (sangat tinggi). Adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari sebelum diberikan tindakan yaitu 1,73 (positif) ke akhir tindakan siklus II yaitu mencapai 1,76 (sangat positif). Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 0,03. Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu nilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 72,5 (63,33%) yang berada pada kriteria cukup, sedangkan pada tes akhir siklus II dalah 79,5 (86,66%) dan berada pada kriteria baik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 23,33%. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar Bahasa Arab kelas V di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123069 fitria ulfa fadilah
Date Deposited: 26 Sep 2016 06:34
Last Modified: 26 Sep 2016 06:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3880

Actions (login required)

View Item View Item