PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 03 JEPUN TULUNGAGUNG

ATIK NISAUL MUFIDA, 2817123024 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) BERBASIS MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS V SDN 03 JEPUN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-COVER.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV new.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis Media Visual untuk meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Peserta Didik Kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Atik Nisaul Mufida, NIM. 2817123024, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Numbered Head Together, Media Visual, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di SDN 03 Jepun Tulungagung peserta didik lemah dalam penguasaan serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan guru, khususnya Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Kondisi tersebut disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya; (1) model pembelajaan yang digunakan masih bersifat konvensional dimana aktivitas pembelajaran masih didominasi oleh guru, (2) kurangnya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan model pembelajaran yang tepat dan efektif. Model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media visual sebagai salah satu model yang dapat menjadikan pembelajaran yang dilakukan oleh peserta didik lebih efektif dan menyenangkan karena peserta didik terlibat aktif dengan lingkungan dalam pembelajaran. Sehingga, diharapkan dengan diterapkannya model Numbered Head Together (NHT) berbasis media visual dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya pada peserta didik kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016?, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya pada peserta didik kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016; (2) Mendiskripsikan pencapaian hasil belajar peserta didik setelah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media visual Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc. Taggart karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi empat tahap yaitu (1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3) tahap observasi, dan (4) tahap refleksi. Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung yang terdiri atas 18 peserta didik. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung. Sedangkan metode observasi dan wawancara digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), respon peserta didik, keadaan peserta didik dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai KKM 72. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Berbasis Media Visual. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis media visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya pada peserta didik kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung dilaksanakan melalui langkah-langkah pembelajaran yang sesuai dengan yang telah ditetapkan yaitu penomoran, mengajukan pertanyaan, berpikir bersama, dan menjawab pertanyaan. (2) Hasil belajar peserta didik V SDN 03 Jepun Tulungagung mengalami peningkatan, dimulai dari tes awal nilai rata-rata peserta didik yaitu 54,23 dengan presentase ketuntasan belajar 17,64% (3 peserta didik). Kemudian mengalami peningkatan tes formatif siklus I yaitu 74,22 dengan presentase ketuntasan belajar 61,11% (11 peserta didik). Ketuntasan hasil belajar menunjukkan peningkatan kembali setelah dilakukan pada siklus II menjadi 88,88% (16 peserta didik) dengan nilai rata-rata 84,38. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berbasis Media Visual dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya pada peserta didik Kelas V SDN 03 Jepun Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123024 ATIK NISAUL MUFIDA
Date Deposited: 19 Dec 2016 04:13
Last Modified: 19 Dec 2016 04:13
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item