PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI SUNAN GIRI BORO TULUNGAGUNG

Via Lucki Anggraini, 2817123171 (2016) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA PESERTA DIDIK KELAS III MI SUNAN GIRI BORO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (97kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Picture and Picture untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Sederhana pada Peserta Didik Kelas III MI Sunan Giri Boro Tulungagung” ini ditulis oleh Via Lucki Anggraini, NIM. 2817123171, pembimbing Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Metode Picture and Picture, Keterampilan Menulis. Picture and picture merupakan metode pembelajaran dengan media gambar yang diurutkan menjadi urutan yang logis, hal ini dapat membuat peserta didik berfikir secara logis dan aktif dalam pembelajaran. Oleh sebab itu peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan metode picture and picture agar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya problematika bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di Madrasah Ibtidaiyah (MI) selama ini masih menggunakan metode ceramah yang membuat peserta didik kurang berfikir secara logis dan aktif dalam pembelajaran sehingga keterampilan peserta didik dalam menulis karangan masih rendah. Peserta didik mengalami kesulitan dalam pemilihan kata, menuangkan ide dalam bentuk kalimat dan mengembangkannya menjadi sebuah karangan serta masih ditemukan kesalahan dalam penggunaan tanda baca. Hal ini jika dibiarkan terus menerus akan mengakibatkan tidak tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menerapkan metode picture and picture dalam pembelajaran menulis karangan sederhana pada kelas III MI Sunan Giri Boro Tulungagung. (2) Untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana menggunakan metode picture and picture pada peserta didik kelas III MI Sunan Giri Boro Tulungagung. Rancangan penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus 1 pertemuan. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas III yang berjumlah 31.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes, dokumentasi dan catatan lapangan. Analisa data yang dilakukan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yakni penguasaan materi mencapai 75% dari tujuan pembelajaran, dengan peserta didik yang memperolah nilai KKM 70 sebanyak 75% dari total peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode picture and picture melalui kegiatan awal peneliti memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam, doa dan absensi, menyampaikan tujuan, memotivasi siswa serta apersepsi tentang materi yang akan di sampaikan. Kegiatan inti peneliti menjelaskan materi dan menunjukkan beberapa gambar seri sesuai materi, selanjutnya guru membentuk kelompok, setelah itu membagikan gambar seri dan lembar soal individu, berdiskusi, presentasi hasil, dan melaksanakan post test setiap siklus. Kegiatan penutup, dengan menarik simpulan, memberikan penguatan, memberikan informasi terkait pertemuan berikutnya sekaligus memotivasi peserta didik, mengakhiri pembelajaran dengan mengucapkan salam. Melalui susunan kegiatan tersebut dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada peserta didik kelas III MI Sunan Giri Boro Tulungagung. Peningkatan keterampilan dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang semakin membaik. Nilai rata-rata siswa pada post test siklus I yaitu 70 dengan persentase ketuntasan belajar 58%. Kemudian nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 75 dengan persentase ketuntasan belajar 90%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningatkan keterampilan menulis karangan sederhana pada peserta didik kelas III MI Sunan Giri Boro Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd.I 2817123171 Via Lucki Anggraini
Date Deposited: 21 Sep 2016 01:34
Last Modified: 21 Sep 2016 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3858

Actions (login required)

View Item View Item