PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 JEPUN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

NANDA PUTRA TRI LEKSANA, 2817123115 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) PESERTA DIDIK KELAS IV SDN 3 JEPUN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (854kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Peserta Didik Kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Nanda Putra Tri Leksana, NIM. 2817123115, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI), Hasil Belajar dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Latarbelakang penelitian ini adalah sulitnya peserta didik dalam memahami materi dan rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Selain itu, guru masih cenderung dengan metode sederhana yaitu ceramah. Akibatnya, peserta didik kurang bersemangat dan hasil belajar kurang optimal. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan penggunaanya peserta didik Kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Tujuan: (1) Untuk mendiskripsikan penerapan model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan penggunaanya pada peserta didik kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016; (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan kegunaanya pada peserta didik kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 melalui model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI). Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) dengan model Kemmis dan Mc.Taggart yaitu sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 71. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata pada pre test yaitu 53,52 dengan persentase ketuntasan belajar 23,52% (4 peserta didik). Kemudian mengalami peningkatan tes formatif siklus I yaitu 74,70 dengan persentase ketuntasan belajar 58,82% (10 peserta didik). Sehingga dari pre test ke siklus I mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 35,3%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik siklus II meningkat menjadi 86,76 dengan persentase ketuntasan 88,23% (15 peserta didik). Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan ketuntasan belajar sebanyak 29,41%. Adapun peningkatan persentase ketuntasan belajar peserta didik dari pre test ke siklus II yaitu 64,71%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan energi dan penggunaanya peserta didik Kelas IV SDN 3 Jepun Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123115 NANDA PUTRA TRI LEKSANA
Date Deposited: 16 Sep 2016 07:30
Last Modified: 16 Sep 2016 07:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3836

Actions (login required)

View Item View Item