STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMPN 1 TULUNGAGUNG)

AHMAD MAFTUHIN, 2811123042 (2016) STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI KASUS DI SMPN 1 TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (291kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (146kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (77kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMPN 1 Tulungagung)” ini ditulis oleh Ahmad Maftuhin, NIM. 2811123042, pembimbing Muh. Nurul Huda, M.A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pendidikan karakter bertujuan membentuk dan membangun pola pikir, sikap dan perilaku peserta didik agar menjadi pribadi yang positif, berakhlak karimah, berjiwa luhur, dan bertanggung jawab. Karakter bangsa merupakan aspek yang sangat penting dari kualitas SDM karena kualitas karakter bangsa menentukan kemajuan suatu bangsa. Karakter yang berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak usia dini. Usia dini adalah masa kritis bagi pembentukan karakter seseorang. Realita yang terjadi di Indonesia kini sangat jauh dari kondisi yang ideal. Bangsa Indonesia seperti kehilangan karakter dan jati dirinya. Krisis karakter yang menimpa anak muda Indonesia secara tidak langsung memengaruhi kepribadian dan perilaku mereka sehari-hari. Maka dari itu pendidikan karakter diharapkan dapat mengubah perilaku anak muda menjadi lebi baik dan siap menjadi pemimpin di masa depan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana konsep internalisasi pendidikan karakter peserta didik di SMPN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanakan pendidikan karakter melalui pembelajaran PAI pada peserta didik di SMPN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter melalui PAI pada peserta didik di SMPN 1 Tulungagung?. Adapaun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep internalisasi pendidikan karakter peserta didik di SMPN 1 Tulungagung, untuk mengetahui pelaksanakan pendidikan karakter melalui pembelajaran PAI pada peserta didik di SMPN 1 Tulungagung, untuk mengetahui evaluasi pendidikan karakter melalui PAI pada peserta didik di SMPN 1 Tulungagung. Metode penelitian, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus, lokasinya di SMPN 1 Tulungagung, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi partisipan, interview mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis model Miles Huberman, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan triangulasi, pembahasan sejawat, memperpanjang keikutsertaan. Hasil penelitian: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan di SMPN 1 Tulungagung melalui pendidikan PAI adalah nilai kejujuran, taat kepada agama, disiplin, kerjasama, toleransi, cinta ilmu, kepedulian, dan tanggung jawab. Hal ini digunakan untuk menjadikan siswa mempunyai kepribadian yang unggul dan siap menjadi pemimpin atau leader masa depan, 2) Wujud penanaman nilai pendidikan karakter di SMPN 1 Tulungagung dengan mengadakan kegiatan keagamaan seperti hadrah, shalat jum’at bergilir yang digunakan untuk memberikan ketrampilan khusus kepada anak didik untuk bekal di masa depan. Dengan menyesuaikan kurikulum maka pembelajaran yang ada di SMPN 1 Tulungagung mengintegrasikan antara ilmu pengetahuan umum dengan nilai-nilai karakter dan ilmu agama. Metode yang digunakan untuk menanamkan nilai pendidikan karakter di SMPN 1 Tulungagung pada peserta didik antara lain adalah metode uswah al-hasanah, nasehat, ceramah, dan pembiasaan. Kendala yang dihadapi dalam menanamkan nilai pendidikan karaketer melalui pendidikan PAI kepada anak didik antara lain: keadaan siswa yang setiap tahunnya berganti-ganti, SDM yang ada, komitmen dan input anak didik yang berasal dari berbagai keluarga yang pluralis, 3) Evaluasi untuk pendidikan karakter melalui pendidikan agama Islam dapat dilakukan dengan pengamatan/observasi langsung, hasil penugasan, partisipasi kegiatan, dan lain-lain. Rubric penilaian dapat berupa jurnal siswa, lembar observasi dan cek list angket siswa. Di samping itu, evaluasi pendidikan karakter sifatnya juga berlangsung continue, terlebih lagi evaluasi pendidikan karakter yang dilakukan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam. Tagihan keagamaan seperti hafal asma’ al-husna, doa-doa penting sebanyak 10 dan 15 surah pendek itu merupakan salah satu evaluasi tahunan untuk syarat kenaikan kelas anak didik yang dijadikan salah satu alat untuk mengevaluasi pendidikan karakter peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123042 AHMAD MAFTUHIN
Date Deposited: 25 Aug 2016 07:35
Last Modified: 25 Aug 2016 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3703

Actions (login required)

View Item View Item