ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN LINE FACILITY (AT-TASHILAT AS-SAQFIYAH) UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PERUMAHAN DI KSU SYARIAH MUHAMMADIYAH BLITAR

Dewi Sinta Wulandari, 2823123029 (2016) ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN LINE FACILITY (AT-TASHILAT AS-SAQFIYAH) UNTUK USAHA MIKRO KECIL MENENGAH DAN UNTUK PENINGKATAN KUALITAS PERUMAHAN DI KSU SYARIAH MUHAMMADIYAH BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis SWOT Strategi Pemasaran Line Facility (At-Tashilat As-Saqfiyah) untuk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan untuk Peningkatan Kualitas Perumahan (PKP) di KSU Syariah Muhammadiyah Blitar” ini ditulis oleh Dewi Sinta Wulandari. Jurusan Perbankan Syariah, NIM 2823123043, pembimbing Muhamad Aqim Adlan S.Ag.,S.Pd., M.E.I. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kegiatan pemasaran merupakan aspek penting dalam kegiatan bisnis. Peneliti melihat permasalahan tentang strategi pemasaran yang digunakan untuk produk Line Facility (At-Tashilat As-Saqfiyah) yang masih asing untuk masyarakat umum di KSU Syariah Muhammadiyah Blitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan pentingnya strategi pemasaran dalam lingkup bisnis. Terutama untuk produk yang masih baru dalam pasar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan strategi pemasaran yang digunakan untuk produk Line Facility (At-Tashilat As-Saqfiyah) untuk UMKM dan untuk PKP di KSU Syariah Muhammadiyah Blitar? (2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kegiatan strategi pemasaran produk Line Facility (At-Tashilat As-SaqfiyahI) untuk UMKM dan untuk PKP di KSU Syariah Muhammadiyah Blitar? (3) Dengan menggunakan model analisis SWOT, strategi pemasaran manakah yang paling tepat digunakan oleh KSU Syariah Muhammadiyah Blitar guna memasarkan produk Line Facility (At-Tashilat As-Saqfiyah) untuk UMKM dan untuk PKP? Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan di KSU Syariah Muhammadiyah Blitar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pemasaran yang digunakan selama ini adalah Penetrasi Pasar yang meliputi segmentation, targeting, positioning (STP) dan marketing mix. (2)Berdasarkan hasil analisis faktor-faktor yang mempengaruhi strategi pemasaran diidentifikasi melalui matrik IFE dan EFE bahwa kekuatan utama yang dimiliki KSU Syariah Muhammadiyah Blitar yaitu produk pembiayaan Line Facility baik untuk UMKM maupun untuk PKP. Sedangkan kelemahan utamanya adalah kurang efektifnya promosi yang digunakan. Peluang utama KSU Syariah Muhammadiyah Blitar adalah peningkatan jumlah DPK dari tabungan dan simpanan berjangka. Sedangkan ancaman utamanya adalah munculnya pesaing yang kompetitif. (3) Berdasarkan analisis SWOT alternatif strategi yang dipilih sebagai strategi terbaik dengan QSPM adalah jemput bola kepada calon mitra, menambah target pasar baru, dan meningkatkan jumlah mitra produk simpanan. Keseluruhan dari alternatif strategi tersebut merupakan strategi Pengembangan Pasar. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, SWOT, Line Facility

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823123029 Dewi Sinta Wulandari
Date Deposited: 22 Aug 2016 07:20
Last Modified: 22 Aug 2016 07:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3678

Actions (login required)

View Item View Item