EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN KUNIR WONODADI BLITAR

FERA ANDRIANI, 2814123078 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI MAN KUNIR WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (24kB) | Preview
[img] Text
BAB 1 ACC.pdf

Download (174kB)
[img]
Preview
Text
BAB II ACC.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III ACC3.pdf

Download (932kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV ACC.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (857kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN ganti judul.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Efektivitas Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI MAN Kunir Wonodadi Blitar” ini ditulis oleh Fera Andriani, NIM. 2814123078. Dibimbing oleh Bapak Miswanto, M.Pd Kata kunci : Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa yang tidak menyukai belajar matematika, karena materinya dirasakan sulit sehingga materi pelajaran kurang dipahami dan dimengerti yang dapat menimbulkan siswa menjadi malas belajar matematika. Masalah selama ini dalam pembelajaran matematika di sekolah ditunjukan oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika. Dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa, maka guru dapat memilih salah satu model pembelajaran yang akan diberikan kepada siswa, dan guru harus benar-benar bisa memilih dengan tepat diantaranya adalah model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan model pembelajaran Problem Based Learning. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning. 2) Untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. 3) Untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dengan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian komparasi dan penelitian eksperimen. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu dokumentasi dan tes. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data nilai raport matematika semester ganjil, data-data mengenai profil sekolah dan mendokumentasikan suasana saat proses pembelajaran. Sedangkan tes digunakan untuk mendapatkan data atau hasil belajar siswa. Jumlah populasi dalam penelitian ini 296 siswa. Sedangkan sampelnya adalah siswa Kelas XI IPA-1 sebanyak 34 siswa dan Kelas XI IPA-2 sebanyak 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas XI MAN Kunir Wonodadi Blitar pokok bahasan komposisi fungsi mempunyai nilai rata-rata 89,90625. (2) Hasil belajar matematika yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada siswa kelas XI MAN Kunir Wonodadi Blitar pokok bahasan komposisi fungsi mempunyai nilai rata-rata 85,333333. (3) Dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Sehingga dalam penelitian ini, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning lebih efektif dari pada model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI Madrasah Aliyah Negeri Kunir Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123078 FERA ANDRIANI
Date Deposited: 15 Aug 2016 03:02
Last Modified: 15 Aug 2016 03:02
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3584

Actions (login required)

View Item View Item