PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI TANWIRUL FUAD KEDIRI

HIMATUL KHASANAH, 2811123102 (2016) PENERAPAN SISTEM FULL DAY SCHOOL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI TANWIRUL FUAD KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (307kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Sistem Full Day Sschool Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Mi Tanwirul Fuad” ini ditulis oleh Himatul Khasanah dibimbing oleh, NIM.2811123102, pembimbing Prof.DR.H.Ahyak.M.Ag Kata Kunci: Full Day School, Prestasi Belajar, PAI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan timpangnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan nilai-nilai moral dan sosial di masyarakat. Saat ilmu pengetahuan dan teknologi mengalami perkembangan yang sangat signifikan, moralitas masyarakat justru menunjukan progres sebaliknya. Beberapa lembaga pendidikan dianggap terlalu fokus mengurusi aspek kognitif semata, dan cenderung kurang memperhatikan penanaman nilai-nilai moralitas. Salah satu alasannya adalah keterbatasan waktu yang dimiliki sekolah untuk menyampaikan materi-materi tersebut. Pendidikan dengan sistem full day school dianggap mampu memberikan porsi yang seimbang antara bidang keilmuan dan nilai-nilai moral yang berbasis agama kepada para siswa. Penelitian ini adalah wujud dari rasa keingintahuan peneliti akan upaya-upaya yang dilakukan oleh MI Tanwirul Fuad Kediri dalam menerapakan sistem pembelajaran full day school sekaligus mengetahui hasil dari penerapan pembelajaran tersebut dalam meningkatkan prestasi belajar siswa. Untuk Mengetahui hal diatas, maka peneliti merumuskan pertanyaan penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana strategi pembelajaran sistem full day school untuk meningkatkan prestasi belajar PAI di MI Tanwirul Fuad? 2) Bagaimana penerapan sistem full day school untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MI Tanwirul Fuad? 2) Bagaimana hasil penerapan sistem full day school untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MI Tanwirul Fuad? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui strategi pembelajaran sistem full day school untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MI Tanwirul Fuad 3) Mengetahui Penerapan Sistem full day school untuk meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam di MI Tanwirul Fuad. 2) Mengetahui hasil penerapan sistem full day school untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam di MI Tanwirul Fuad Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, lokasi penelitiannya di MI Tanwirul Fuad. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi partisipan, wawancara mendalam, serta analisis dokumentasi. Dalam menganalisis datanya mengggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) strategi pembelajaran sistem full day school adalah penggunaan metode yang tepat, penempatan tempat duduk siswa dengan memperhatikan aspek biologis siswa, pembelajaran yang berpusat indoor maupun outdoor.(2) penerapan sistem full day school meliputi a) waktu pelaksanaan pembelajaran mulai pukul 06.55 sampai 14.00 untuk kelas kecil dan pukul 06.55 sampai 14.30 untuk kelas besar. b) Pembelajaran PAI di MI Tanwirul Fuad Penanaman nilai-nilai agama dan pembelajaran Agama Islam di sekolah ini tak memulu pada ruang kelas dan tidak selalu di dalam mata pelajaran. Akan tetapi juga pada kegiatan-kegitan tambahan seperti pada apel pagi. Upaya penanaman nilai-nilai sopan santun dimulai sejak pagi lewat program morning greating. Selain kegiatan morning greating, MI Tanwirul Fuad juga mengadakan program keagamaan yang diwajibkan kepada seluruh siswanya yaitu dengan menerapkan pembiasaan, adzan, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, dzikir, serta membaca al-Qur’an. Salah satu upaya yang dilakukan lembaga untuk mengoptimalkan pembelajaran Agama Islam adalah dengan mewajibkan semua siswa untuk hafal Jus 30 dan mewajibkan para siswa untuk mengikuti pelajaran KBBS (Kegiatan Bimbingan Belajar Shalat). 3)Hasil penerpan system pendidikan full day school ini menghasilkan peserta didik yang memiliki pemahaman agama yang bagus, hal ini ditunjukan siswa lewat prestasi belajar yang bagus dan memuaskan. Adapun hasil lain dari penerapan sistem full day school adalah peningkatan prilaku keagamaan antara lain : pembiasaan adzan, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, dzikir, melaksanakan ibadah tanpa harus diperintah, membaca al-Qur’an sesuai tajwid

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2811123102 HIMATUL KHASANAH
Date Deposited: 04 Jan 2017 08:07
Last Modified: 04 Jan 2017 08:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item