IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN TERHADAP KODE ETIK SISWA BERPENAMPILAN DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG

HALIMATUS SA’DIYAH, 2811123097 (2016) IMPLEMENTASI KEDISIPLINAN TERHADAP KODE ETIK SISWA BERPENAMPILAN DI SMP ISLAM AL AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (592kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (304kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (198kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Kedisiplinan Terhadap Kode Etik Siswa Berpenampilan di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Halimatus Sa’diyah, NIM 2811123097, pembimbing Drs. H.Ali Rohmad, M.Ag. NIP 19611110 199001 1 001 Kata Kunci : Kedisiplinan, Kode Etik Siswa, Berpenampilan Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa implementasi kedisiplinan di sekolah dalam hal ini disiplin berpenampilan adalah hal yang menjadi perhatian bagaimana sekolah dapat memberi pemahaman kepada siswa, bagaimana mengimplementasikannya dan mengapa alasan mengimplementasikan. Dalam hal ini peneliti menghubungkan kedisiplinan terhadap kode etik siswa berpenampilan di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) bagaimana implementasi kedisiplinan terhadap kode etik siswa berpenampilan di SMP Islam Al Azhaar? (2) mengapa terjadi implementasi kedisiplinan terhadap kode etik siswa berpenampilan di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami, mengetahui bagaimana dan mengapa terjadi implementasi kedisiplinan terhadap kode etik siswa berpenampilan di SMP Islam Al Azhaar Tulungagung. Skripsi ini sangat bermanfaat bagi Kepala Sekolah SMP Islam Al Azhaar Tulungagung, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka mengimplementasikan kedisiplinan, meningkatkan kedisiplinan, menanamkan kedisiplinan taat peraturan terhadap siswa dalam kode etik siswa berpenampilan Islami sebagai wujud pembentukan generasi yang cinta Islam, generasi yang rabbani. Bagi siswa SMP Islam Al Azhaar sebagai bahan belajar sebagai kajian dan renungan untuk memperbaiki sikap dan perilaku juga menerapkan suatu kedisiplinan dalam diri, patuh dan taat terhadap peraturan dan ketentuan agama maupun sekolah.bagi para pembaca atau peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode pendekatan kualitatif, wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode kualitatif metode ini menyajikan secara langsung hakekat hubungan antara peneliti dan responden; dan ketiga, metode ini lebih peka dan lebih dapat menyesuaikan diri dengan banyak penajaman pengaruh bersama dan terhadap pola-pola nilai yang dihadapi. Sedangkan metode dokumentasi dan wawancara digunakan untuk menggali data dan memperkuat suatu penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa akan mengerti tentang disiplin dalam berpenampilan yang baik. Peraturan tidak selalu dengan perintah pada tata tertib melainkan disertai dengan tata krama dan dengan suatu pendekatan dari guru dan memberikan uswah hasanah juga nasehat yang membangun dan selalu mengontrol siswa. Demi terciptanya generasi yang Rabbani, taat terhadap peraturan agama dan peraturan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123097 HALIMATUS SA’DIYAH
Date Deposited: 04 Jan 2017 08:05
Last Modified: 04 Jan 2017 08:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3564

Actions (login required)

View Item View Item