PENERAPAN MEMBACA SENYAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI AL MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

ELY RATNASARI, 2817123053 (2016) PENERAPAN MEMBACA SENYAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III MI AL MA’ARIF GENDINGAN KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (69kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Membaca Senyap untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III MI Al Ma’arif Gendingan Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ditulis oleh Ely Ratnasari, NIM 2817123053, pembimbing Dr. Muhamad Jazeri, M. Pd. Kata Kunci: Membaca, Senyap, Motivasi, Hasil, Belajar Latar belakang dalam penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung belum mengajak peserta didik untuk menemukan sendiri pengetahuan sehingga menyebabkan motivasi belajar peserta didik kurang dan berdampak pada hasil belajar peserta didik masih rendah. Sehingga peneliti menggunakan penerapan membaca senyap untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan pokok bahasan memahami cerita dan teks drama anak. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada materi memahami cerita dan teks drama anak melalui penerapan membaca senyap peserta didik kelas III di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi memahami cerita dan teks drama anak melalui penerapan membaca senyap peserta didik kelas III di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung? Tujuan penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada materi memahami cerita dan teks drama anak melalui penerapan membaca senyap peserta didik kelas III di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi memahami cerita dan teks drama anak melalui penerapan membaca senyap peserta didik kelas III di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah peserta didik kelas III MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung yang berjumlah 34 peserta didik dengan jumlah 18 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, dan angket. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75%.Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah 75%. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Peningkatan motivasi belajar Bahasa Indonesia pada materi memahami cerita dan teks drama anak menunjukkan nilai rata-rata kelas 62,85 dengan prosentase keberhasilan 29,41%. (2) Peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia pada materi memahami cerita dan teks drama anak menunjukkan nilai rata-rata kelas mencapai 83,05 dengan prosentase keberhasilan 88,23%. Sedangkan motivasi belajar diperoleh skor rata-rata sebesar 1,82%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan membaca senyap dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik kelas III mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI Al Ma’arif Gendingan Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123053 ELY RATNASARI
Date Deposited: 28 Dec 2016 02:16
Last Modified: 28 Dec 2016 02:16
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3562

Actions (login required)

View Item View Item