KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR

dyan wahyuni, 2811123078 (2016) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 SRENGAT BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (60kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa di SMAN 1 Srengat Blitar” ini ditulis oleh Dyan Wahyuni, NIM : 2811123078, dibimbing oleh Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata kunci : Kreativitas guru, Minat belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi dalam suatu lembaga pendidikan, minat belajar merupakan salah satu hal yang penting dalam setiap pembelajaran untuk menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Pada kenyataannya saat ini banyak siswa yang terkadang bosan dan jenuh dengan pelajaran. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran yang dilakukan guru tetap dan selalu sama, yang berdampak pada rendahnya kualitas pendidikan. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri bahwa tinggi rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran banyak dipengaruhi oleh strategi, metode dan media yang digunakan guru dalam proses pembelajaran. Minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI kadang mengalami pasang surut tergantung dari materi PAI yang diterangkan. Sehingga guru juga harus lebih kreatif dalam proses pembelajaran. Kreativitas guru diharapkan dapat membantu siswa agar bisa lebih berminat dalam mengikuti mata pelajaran PAI. Rumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana kreativitas strategi guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN 1 Srengat Blitar? 2. Bagaimana kreativitas guru PAI dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN 1 Srengat Blitar? 3. Bagaimana kreativitas guru PAI dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN 1 Srengat Blitar? Adapun tujuannya adalah 1. Untuk mengetatui kreativitas strategi guru PAI dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN 1 Srengat Blitar. 2. Untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam mengembangkan metode pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN 1 Srengat Blitar. 3. Untuk mengetahui kreativitas guru PAI dalam memanfaatkan media pembelajaran untuk menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN 1 Srengat Blitar. Desain dalam penelitian ini adalah Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, maksudnya data yang dikumpulkan itu berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka-angka. Digunakan beberapa teknik pengumpulan data seperti wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini yang digunakan dalam menganalisa data yang sudah diperoleh adalah dengan cara deskriptif (non statistik) yang bersifat eksploratif. Proses analisis data yang dilakukan peneliti adalah melalui tahap-tahap sebagai berikut: Pengumpulan data, Proses pemilihan, dan pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: 1. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar siswa di SMAN 1 Srengat Blitar. Berdasarkan temuan penelitian bahwa Strategi yang digunakan guru adalah diantaranya yang pertama memilih dan menggunakan strategi pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan, kedua menggunakan strategi ekspositori/pembelajaran langsung, ketiga dalam upaya meningkatkan minat belajar siswa guru tidak hanya menekankan pada keaktifan guru saja melainkan melibatkan keaktifan siswa agar proses pembelajaran tidak monoton dan membosankan, keempat menggunakan metode yang bervariasi, kelima dalam memilih strategi pembelajaran perlu dipertimbangkan hal-hal sebagai berikut hal pertama yang dilakukan guru adalah dengan melihat situasi, kondisi, dan karakter kelas baik dari siswa maupun keadaan lingkungan kelas, keenam menggunakan peralatan bantu/media pembelajaran, ketujuh menejemen kelas/pengelolaan kelas yang menyenangkan. 2. Dalam proses belajar mengajar kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam memilih metode pembelajaran adalah dengan menggunakan macam-macam metode pembelajaran yang dapat diterapkan, yaitu: a) metode ceramah, b) metode tanya jawab, c) metode praktek langsung, d) metode diskusi, e) metode sosiodrama, f) metode demonstrasi, g) metode permainan. 3. Sedangkan kemampuan guru pendidikan agama Islam dalam memanfaatkan media pembelajaran diantaranya adalah Kain kafan, teman sejawat, media gambar, dan LCD proyektor. Yang semuanya sudah mencakup media visual, audio dan audio-visual.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123078 DYAN WAHYUNI
Date Deposited: 20 Jan 2017 02:57
Last Modified: 20 Jan 2017 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3542

Actions (login required)

View Item View Item