PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDI SUNAN GIRI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

ANNISATUR RIFQIA AMALIA, 2817123013 (2016) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE CROSSWORD PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA PESERTA DIDIK KELAS IV SDI SUNAN GIRI NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1 A-SAMPUL.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (208kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (379kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (502kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (175kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Crossword Puzzle Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Peserta Didik Kelas IV SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Annisatur Rifqia Amalia, NIM. 2817123013, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Crossword Puzzle, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran di sekolah yang masih monoton belum menerapkan strategi, metode maupun media yang beragam untuk mendukung kegiatan pembelajaran sehingga prestasi belajar peserta didik masih relatif rendah. Peneliti berusaha untuk mengatasi masalah tersebut melalui penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle yang diharapkan dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi kelas IV SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle peserta didik kelas IV SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan keaktifan peserta didik melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle pada mata pelajaran IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi kelas IV SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung. (2) Untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar IPA pokok bahasan energi panas dan energi bunyi melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle peserta didik kelas IV SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Actiom Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini peserta didik kelas IV SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain, tes, wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pembelajaran IPA melalui penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terbukti dapat meningkatan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajara IPA di kelas, misalnya peserta didik khususnya perempuan yang pada awalnya malu untuk menyampaikan pendapat sudah berani untuk menyampaikan pendapatnya dan peserta didik yang semula pasif dalam belajar menjadi lebih aktif dan lebih bersemangat, selain itu dalam menyelesaikan tes peserta didik tidak lagi yang bekerjasama dengan teman karena peserta didik sudah yakin dengan kemampuannya sendiri untuk mengerjakan tes tersebut. Peningkatan keaktifan tersebut dibuktikan berdasarkan pengamatan keaktifan peserta didik selama proses pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu 80,29% pada siklus 1 menjadi 90,35% pada siklus 2. Begitu juga dengan taraf keberhasilan aktivitas peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus 1 sebesar 84,25% menjadi 90,74% pada siklus 2. Hal ini menunjukkan adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. 2) Pembelajaran IPA melalui penggunaan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle terbukti dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Pada tes awal (pre-test) nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 61,78 meningkat menjadi 63,61 pada siklus 1 kemudian meningkat kembali pada siklus 2 dengan nilai rata-rata 76,84. Begitu juga dengan ketuntasan belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan ditunjukkan persentase ketuntasan belajar 50% pada tes awal (pre-test) setelah mendapat perlakuan pada siklus 1 ketuntasan belajar peserta didik meningkat menjadi 55,55% dan pada siklus 2 ketuntasan belajar meningkat kembali menjadi 78,94%. Dari ketuntasan belajar pada siklus 2 menunjukkan adanya ketercapaian indikator keberhasilan yang telah ditentukan. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar IPA materi energi panas dan energi bunyi peserta didik kelas IV SDI Sunan Giri Ngunut Tulungagung tahun ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123013 ANNISATUR RIFQIA AMALIA
Date Deposited: 10 Aug 2016 02:54
Last Modified: 10 Aug 2016 02:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3529

Actions (login required)

View Item View Item