Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung

Sari, Dewi Yuni Indah (2014) Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN INTI.pdf

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RUJUKAN.pdf

Download (409kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Fokus penelitian :1) Pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung, 2) Hambatan dari pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung, 3) Solusi dalam mengatasi hambatan dari pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung. Yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah mengetahui secara jelas tentang pelaksanaan supervisi pendidikan, hambatan dari pelaksanaan supervisi pendidikan, dan juga solusi dalam mengatasi hambatan tersebut. Pendekatan: penelitian kualitatif; pola penelitian: deskriptif; teknik pengumpulan data: observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sumber data: sumber data primer dan sumber data sekunder; teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data: triangulasi dan diskusi dengan teman sejawat. Setelah penulis mengadakan penelitian, maka pada akhirnya dapat disimpulkan sebagai berkut:1) pelaksanaan supervisi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung berjalan dengan baik, mendapat respon baik dari guru, tetapi tetap ada suatu hambatan meskiun sedikit,dalam melaksanakan supervisi menggunakan teknik individual dan juga menggunakan model supervisi klinis serta model supervisi ilmiah,2) hambatan yang dialami saat melaksanakan supervisi di Madrasah Tsanawiyah Negeri Aryojeding Rejotangan Tulungagung: keterbatasan waktu,dari guru-guru yang sulit diajak melakukan perubahan,3) solusi dalam mengatasi hambatan yang ada adalah dengan menunjuk guru yang dijadikan wakil kepala madrasah untuk melaksanakan supervisi. xvii

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Umum
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 30 Sep 2014 04:07
Last Modified: 30 Sep 2014 04:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/35

Actions (login required)

View Item View Item