Penerapan Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok pada Siswa Kelas VIII B SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014

Laelatul, Khamidah (2014) Penerapan Teori Van Hiele dalam Pembelajaran Matematika Materi Kubus dan Balok pada Siswa Kelas VIII B SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (902kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Bab 1-5.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bagian Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata Kunci: Teori Van Hiele, Pembelajaran Matematika, kubus dan Balok Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa banyak siswa yang tidak memfavoritkan pelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa pada pelajaran matematika rendah. Dalam hal ini peneliti menghubungkan masalah rendahnya hasil belajar matematika siswa dengan model pembelajaran yang digunakan di SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek. Peneliti berusaha memperbaiki hasil belajar siswa dengan menawarkan suatu model pembelajaran yang berorientasi pada teori Van Hiele. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang penerapan teori Van Hiele dan mengetahui hasil belajar matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek tahun ajaran 2013/2014. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Adapun langkah-langkah yang digunakan adalah: melihat latar subjek, mempersiapkan penelitian, melaksanakan penelitian, melakukan analisis data hasil penelitian, melakukan pembahasan penelitian dan menyimpulkan hasil penelitian. Dalam penelitian ini digunakan metode catatan lapangan, observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Catatan lapangan ini berisi tentang segala sesuatu yang terjadi di lokasi penelitian yang berupa tindakan, pembicaraan dan hasil pengamatan peneliti. Metode observasi digunakan oleh peneliti untuk mengamati kondisi sekolah meliputi sarana prasarana dan proses pembelajaran matematika. Metode wawancara digunakan untuk memperoleh data yang berupa percakapan dengan subjek penelitian. Metode dokumentasi digunakan peneliti untuk memperoleh data-data dari sekolah yang bersangkutan dengan penelitian ini. Sedangkan metode tes digunakan peneliti untuk mengetahui hasil belajar siswa materi kubus dan balok pada kelas VIII B SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) penerapan Teori Van Hiele dalam pembelajaran matematika materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII B SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek adalah: (a) Pada tahap pengenalan kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah merumuskan definisi kubus dan balok. (b) Pada tahap analisis kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah mengidentifikasi unsur-unsur dan sifat-sifat dari kubus dan balok. (c) Pada tahap pengurutan kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah memahami hubungan yang dimiliki oleh kubus dan balok. (d) Pada tahap deduksi kegiatan xvi pembelajaran yang dilakukan adalah menemukan rumus luas permukaan dan volum dari kubus dan balok serta menggunakannya dalam perhitungan. (e) Pada tahap akurasi kegiatan pembelajaran yang dilakukan adalah menghitung luas permukaan dan volum kubus dan balok pada soal yang bervariasi. Pada tahap ini banyak siswa mengalami kesulitan. (2) Hasil belajar siswa materi kubus dan balok pada kelas VIII B SMP Islam Al-Ma’rifah Darunnajah Kelutan Trenggalek ini dapat dikategorikan sangat baik karena memiliki rata-rata yang tinggi yaitu 93,15 dengan ketuntasan belajar klasikal sebesar 100%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 08:50
Last Modified: 04 Dec 2014 08:50
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/349

Actions (login required)

View Item View Item