Pengaruh Kecerdasan Linguistik terhadap Pemahman KomunikasiMatematis Siswa kelas VIII di MTs Sultan Agung Tahun Pelajaran 2013 / 2014

Agustina, Dian (2014) Pengaruh Kecerdasan Linguistik terhadap Pemahman KomunikasiMatematis Siswa kelas VIII di MTs Sultan Agung Tahun Pelajaran 2013 / 2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (964kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar rujukan.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian inti.pdf

Download (838kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci :Kecerdasan linguistik, Pemahaman komunikasi matematis Kecerdasan linguistik memuat kemampuan seseorang untuk menggunakan bahasa dan kata-kata, baik secara tertulis maupun lisan, dalam mengekspresikan gagasan-gagasannya. Dalam hal ini, peneliti menghubungkan antara kecerdasan linguistik dalam kaitannya dengan pemahaman komunikasi matematis siswa di MTs Sultan Agung, Jabalsari. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Apakah ada pengaruh antara kecerdasan linguistik terhadap pemahaman komunikasi matematis siswa?; (2)Seberapa besar pengaruh kecerdasan linguistik terhadap pemahaman komunikasi matematis siswa? Dalam penelitian ini digunakan metode tes, metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk mendapatkan nilai kecerdasan linguistik dan pemahaman komunikasi matematis siswa. Wawancara digunakan untuk mendapatkan informasi dari guru mata pelajaran mengenai kemampuan matematika siswa serta permasalahan yang dihadapi siswa terkait dengan komunikasi matematis siswa, metode dokumentasi untuk memperoleh data pribadi siswa dari BK, dan metode observasi digunakan untuk memperoleh informasi tentang populasi, sampel, dan informasi lain yang dibutuhkan dalam penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi sebab akibat dimana peneliti bermaksud untuk mengetahui pengaruh kecerdasan linguistik terhadap pemahaman matematis siswa. Dengan variabel terikatnya adalah pemahaman komunikasi matematis (Y) dan variabel bebasnya adalah kecerdasan linguistik (X). Dalam pengambilan sampel digunakan teknik simple random sampling yaitu teknik sampling yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsure populasi untuk dipilih menjadi sampel secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi tersebut. Populasi dari penelitian ini sebanyak 61 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Sedangkan sampel yang digunakan sebanyak 41 siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Sultan Agung pada tanggal 19 – 31 Mei 2014. Data yang diperoleh, diolah dengan teknik analisis uji regresi linier sederhana untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang ada dan disesuaikan dengan rumusan masalah. xvi Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana. Pengujian hipotesis penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan linguistikterhadap pemahaman komunikasi matematis siwa. Hal ini ditunjukkan dari hasil analisis regresi satu prediktor pada taraf signifikansi 5% diperoleh harga Fhit= 31,506> Ftab= 4,09 dan pada taraf 1% diperoleh harga Fhit= 31,506>Ftab= 7,33. Setelah diinterpretasikan antara Fhit dan Ftabpada taraf signifikansi 5% dan 1%, ternyata Fhit lebih besar daripada Ftab, sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Sesuai dengan perhitungan dapat disimpulkan bahwa terdapa pengaruh yang signifikan antara kecerdasan linguistik terhadap pemahaman komunikasi matematis siswa. (2) Koefisien determinasi yang dihasilkan, r squre adalah 0,447, artinya kecerdasan linguistik mempunyaipengaruh sebesar 44,7% terhadap pemahaman komunikasi matematis siswa. Sisanya (55,3%) pemahaman komunikasi matematis siswa dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 04 Dec 2014 08:41
Last Modified: 04 Dec 2014 08:41
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/346

Actions (login required)

View Item View Item