PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, KOMUNIKASI PEMASARAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN STUDI KASUS PADA BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG)

Siti Yasmien Rochmatul Wasi’ah, 2823123137 (2016) PENGARUH CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT, KOMUNIKASI PEMASARAN, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH PEMBIAYAAN STUDI KASUS PADA BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
JURNAL SKRIPSI.pdf

Download (438kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Customer Relationship Management, Komunikasi Pemasaran, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan (Studi Kasus Pada BMT Pahlawan Tulungagung)” ini ditulis oleh Siti Yasmien Rochmatul Wasi’ah. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi dengan semakin tingginya persaingan lembaga keuangan, tidak hanya bersaing dengan sesama BMT, namun juga dengan lembaga keuangan seperti bank umum syariah yang sekarang mulai tumbuh di berbagai daerah. Menjaga hubungan antara BMT dengan nasabah akan menumbuhkan keloyalitasan masyarakat, dan untuk mewujudkan kualitas pelayanan yang sangat baik kepada nasabah dengan memberikan pelayanan yang memuaskan akan menumbuhkan sikap loyalitas nasabah pembiayaan sehingga dapat mempengaruhi keberhasilan dan keberadaan BMT akan selalu terjaga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh customer relationship management terhadap loyalitas nasabah pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung, untuk menganalisis pengaruh komunikasi pemasaran terhadap loyalitas nasabah pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung, untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pembiayaan dan untuk mengetahui customer relationship management, komunikasi pemasaran dan kualitas pelayanan secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pembiayaan di BMT Pahlawan Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari sembilan puluh empat hasil kuesioner yang telah di isi oleh nasabah pembiayaan BMT Pahlawan Tulungagung yang dijadikan sampel dalam penelitian ini dengan tekhnik probability sampling. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu uji validitas dan reabilitas data, uji normalitas data, uji asumsi klasik, uji T, uji F, uji regresi linier berganda dan koefisien determinasi (R). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara customer relationship management terhadap loyalitas nasabah dengan nilai sig. 0,000 variabel komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai sig. 0,000, sedangkan variabel kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan nilai sig. 0,004. Dari hasil uji F, nilai Fhitung sebesar 22.575 dengan tingkat signifikan 0,000 sehingga ada pengaruh customer relationship management, komunikasi pemasaran, dan kualitas pelayanan secara terhadap loyalitas nasabah pada BMT Pahlawan Tulungagung. Kata Kunci : Customer Relationship Management, Komunikasi Pemasaran, dan Kualitas Pelayanan, Loyalitas Nasabah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Bisnis Islam
Ekonomi > Perbankan Syariah
Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: 2823123137 Siti Yasmien Rochmatul Wasi’ah
Date Deposited: 04 Aug 2016 07:46
Last Modified: 04 Aug 2016 07:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3451

Actions (login required)

View Item View Item