THE EFFECTIVENESS OF TALKING CHIPS TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT FIRST GRADERS OF MAN TRENGGALEK

Anggun Riski Ningsih, 3213113041 (2016) THE EFFECTIVENESS OF TALKING CHIPS TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY AT FIRST GRADERS OF MAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover depan 1.pdf

Download (603kB) | Preview
[img] Text
content 1-5 pdf.pdf

Download (792kB)

Abstract

ABSTRAK Ningsih, Anggun, Riski. Nomor Induk Mahasiswa 321113041. 2016. “The Effectiveness of Talking Chips Toward Students Speaking Ability At The First Graders of MAN Trenggalek.“ Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Hj. Ida Isnawati, M.Pd. Kata Kunci: Keefektifan, Kemampuan Berbicara, Potongan-potongan Percakapan. Berbicara adalah keahlian utama dalam berkomunikasi secara langsung, dan juga itu merupakan keahlian yang paling sulit dalam pembelajaran bahasa untuk dikuasai. Berdasarkan pada penelitian, telah ditemukan bahwa banyak siswa yang tidak bisa berbahasa Inggris dengan baik karena beberapa alasan. Mereka kekurangan kosa kata, kesalahan pada struktur kebahasaannya dalam berbicara, kesalahan dalam mengucapkan kata, sering berhenti ketika berbicara, dan masih malu ketika berbicara. Oleh karena itu, peneliti berkeinginan untuk memecahkan masalah-masalah tersebut dengan mengaplikasikan strategi potongan-potongan percakapan dalam pengajaran berbicara. Rumusan masalah: apakah terdapat perbedaan antara kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah dibimbing dengan menggunakan strategi potongan-potongan percakapan kepada siswa kelas 1 di MAN Trenggalek? Berdasarkan rumusan masalah, tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk mengetahui antara kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah dibimbing dengan menggunakan strategi potongan-potongan percakapan kepada siswa kelas 1 di MAN Trenggalek. Dalam pembelajaran ini, peneliti telah menggunakan pendekatan kuantitative, tepatnya model pre-eksperimental. Peserta dari pembelajaran ini terdiri dari 34 siswa dari program reguler, khususnya kelas X IIK. Mereka ditentukan secara khusus sebagai contoh dari pembelajaran ini. Dalam pembelajaran ini, peneliti telah melakukan tiga langkah, pre-test, pnelitian, dan post-test. Sebelum memulai penelitian, pre-test dilakukan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa pada awal, dan post-test telah dilaksanakan di akhir pembelajaran. Kemudian, setelah mendapatkan data tentang hasil pre-test dan post-test siswa, IBM SPSS statistik 16.00 digunakan untuk menghitung data. Untuk mengetahui apakah hipotesis alternatif diterima atau tidak, peneliti menggunakan rumus t-test. Tetapi, sebelum menggunakan rumus t-test, peneliti menguji normaliti terlebih dahulu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Nilai rata-rata dari pre-test adalah 60.17, sedangkan nilai rata-rata dari post-test adalah 83.08. Dari hasil penghitungan statistik, diperoleh bahwa thitung 11.752 adalah lebih besar dari pada ttabel 2.042. Ini berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) dinyatakan terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test and post-test. Penggunaan strategi potongan-potongan percakapan efektif terhadap kemampuan berbicara siswa diterima. Sedangkan, hipotesis nol (Ho) dinyatakan tidak ada perbedaan signifikan dari strategi potongan-potongan percakapan terhadap kemampuan berbicara siswa untuk kelas 1 MAN Trenggalek ditolak. Maka, itu dapat disimpulkan bahwa strategi potongan-potongan percakapan dapat digunakan sebagai alternatif pengajaran berbicara terhadap siswa kelas satu Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: 3213113041 Anggun Riski Ningsih
Date Deposited: 04 Aug 2016 02:50
Last Modified: 04 Aug 2016 02:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3439

Actions (login required)

View Item View Item