KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMKN 1 BANDUNG-TULUNGAGUNG

FIRDA RAHMASARI, 2811123246 (2016) KOMPETENSI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PAI DI SMKN 1 BANDUNG-TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
bagian awal.pdf

Download (393kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (233kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
bagian akhir.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Guru PAI dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung-Tulungagung” ini ditulis oleh Firda Rahmasari, NIM. 2811123246, pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M.Pd. Penelitian ini di latar belakangi karena SMKN 1 Bandung merupakan sekolah SMK negeri pertama yang ada di Kecamatan Bandung Tulungagung. Sekolah ini terbilang masih baru karena masih berjalan sekitar 12 tahun, tetapi perkembangannya sudah semakin pesat. Apalagi mayoritas siswa adalah laki-laki. Tentunya hal ini tak terlepas dengan kompetensi yang dimiliki oleh gurunya sehingga dapat menciptakan kualitas pembelajaran yang membawa mutu sekolah ini dapat diperhitungkan di mata masyarakat. Untuk itu peneliti berkeinginan untuk meneliti kompetensi Guru PAI yang ada di SMKN 1 Bandung ini yang pastinya berperan dalam kemajuan sekolah ini. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kompetensi peadagogik guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung? (2) Bagaimana kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung? (3) Bagaimana kompetensi sosial guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung? (4) Bagaimana kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kompetensi peadagogik guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung, (2) Untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung, (3) Untuk mengetahui kompetensi sosial guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung, (4) Untuk mengetahui kompetensi profesional guru PAI dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI di SMKN 1 Bandung. Skripsi ini bermanfaat sebagai bahan refleksi dan evaluasi diri bagi guru PAI dalam menjalankan profesinya sebagai guru PAI. Selain itu juga dapat dijadikan motivasi untuk mewujudkan pembelajaran yang berkualitas. Selain itu, kompetensi guru PAI ini juga bermanfaat bagi siswa. Kompetensi guru PAI ini dapat membantu siswa dalam mendapatkan pembelajaran yang berkualitas, menumbuhkan semangat belajar, dan menumbuhkan kesadaran siswa betapa pentingnya pelajaran PAI. Dan skripsi ini juga bermanfaat untuk calon-calon guru PAI yang akan datang, harus mempersiapkan empat kompetensi ini sebelum terjun dalam dunia kerja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data utama adalah guru PAI. Tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Dan dari hasil penelitian tersebut, penulis mendapatkan kesimpulan bahwa (1) Kompetensi peadagogik Guru PAI di SMKN 1 Bandung sesuai dengan indikator-indikatornya dan telah dimiliki serta diterapkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. (2)Kompetensi kepribadian Guru PAI di SMKN 1 Bandung sesuai dengan indikator-indikatornya dan telah dimiliki serta diterapkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. (3) Kompetensi sosial Guru PAI di SMKN 1 Bandung sesuai dengan indikator-indikatornya dan telah dimiliki serta diterapkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI. (4) Kompetensi profesional Guru PAI di SMKN 1 Bandung sesuai dengan indikator-indikatornya dan telah dimiliki serta diterapkan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran PAI.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: firda 2811123246 firda rahmasari
Date Deposited: 01 Aug 2016 06:38
Last Modified: 01 Aug 2016 06:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3416

Actions (login required)

View Item View Item