PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PAUD APIK REJOSARI WONODADI BLITAR

ZULI AGUSTINA, 3211083131 (2016) PENERAPAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PROSES BELAJAR MENGAJAR DI PAUD APIK REJOSARI WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Penerapan media audio visual dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar”, ini ditulis oleh Zuli Agustina Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) dibimbing oleh Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I Kata Kunci: media audio visual, kualitas, belajar mengajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh peranan guru dalam menggunakan media pendidikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran akan dapat mencapai hasil yang optimal dan mencapai sasaran, apabila sebuah komponen dalam lembaga sekolah dapat saling menunjang antara satu dengan yang lain. Proses belajar mengajar pada hakekatnya adalah proses komunikasi yaitu proses penyampaian pesan dan sumber pesan melalui saluran/media tertentu ke penerima pesan. Pesan, sumber pesan, saluran atau media dan penerimaan pesan adalah komponen proses komunikasi melalui melalui media video dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan proses pembelajaran agar tidak menjemukan sehingga anak dapat berkonsentrasi dalam kegiatan pembelajaran. Rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimana penerapan media audio visual video dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar? 2) Bagaimana penerapan media audio visual film dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar? 3) Bagaimana penerapan media audio visual TV dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar? Jenis penelitian yang digunakan penelitian ini jika ditinjau dari lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan datanya adalah Observasi Partisipan, Wawancara (interview), Dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) Reduksi data, 2) Penyajian data dan 3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya adalah 1) Penerapan media audio visual video dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar dilaksanakan dengan jalan a) melakukan perencanaan yang dimulai dengan mempersiapkan rencana kegiatan harian (RKH), rencana kegiatan semester, mempelajari buku petunjuk penggunaan media, menyiapkan peralatan media yang akan digunakan. b) penerapannya dilakukan dengan guru memastikan media dan semua peralatan telah lengkap siap digunakan, guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai, guru menjelaskan materi pelajaran, menghindari kejadian-kejadian yang dapat menganggu konsentrasi anak. 2) Penerapan media audio visual film dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar dapat dilakukan dengan jalan melakukan perencanaan dengan mempersiapkan rencana kegiatan harian, Rencana kegiatan semester, mempelajari buku petunjuk penggunaan media dan Menyiapkan peralatan media yang akan digunakan. Penerapan media audio visual film dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar dilakukan dengan jalan yaitu: 1) Guru memastikan media dan semua peralatan telah lengkap siap digunakan, 2) Guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai, sehingga anak dapat menggambarkan kira-kira apa yang nanti akan diterima dalam kisah film tersebut, 3) Guru menjelaskan materi pelajaran kepada anak selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga anak dapat lebih mengerti, memahami dan tertarik dalam mengikuti cerita dalam film tersebut. 4) Menghindari kejadian-kejadian yang dapat menganggu konsentrasi anak. 3) Penerapan media audio visual TV dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar dapat dilakukan dengan jalan: a) perencanaan dengan mempersiapkan rencana kegiatan harian (RKH), rencana kegiatan semester, mempelajari buku petunjuk penggunaan media dan Menyiapkan peralatan media yang akan digunakan, b) Penerapan media audio visual TV dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di PAUD APIK Rejosari Wonodadi Blitar dilakukan dengan jalan yaitu: a) Guru memastikan media dan semua peralatan telah lengkap siap digunakan, b) Guru menjelaskan tujuan yang akan dicapai, sehingga anak dapat menggambarkan kira-kira apa yang nanti akan diterima dalam kisah video tersebut, c) Guru menjelaskan materi pelajaran kepada anak selama proses pembelajaran berlangsung, sehingga anak dapat lebih mengerti, memahami dan tertarik dalam mengikuti cerita dalam video tersebut. d) Menghindari kejadian-kejadian yang dapat menganggu konsentrasi anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 3211083131 ZULI AGUSTINA
Date Deposited: 06 Dec 2016 07:32
Last Modified: 06 Dec 2016 07:32
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3393

Actions (login required)

View Item View Item