BIMBINGAN GURU (PAI) DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2015/2016

DEWI KHOIRUL MALA, 2811123O69 (2016) BIMBINGAN GURU (PAI) DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI MTs NEGERI ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIKS.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II fiks.pdf

Download (576kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III FIKS.pdf

Download (349kB) | Preview
[img] Text
BAB IV FIKs.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB V fiks.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI fikS.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Bimbingan Guru dalam Membina Akhlak Peserta Didik di MTsN Aryojeding Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Dewi Khoirul Mala (NIM: 2811123069) Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Sokip, S. Ag. M. Pd.I Kata Kunci: Bimbingan Guru dalam membina Akhlak Perbaikan akhlak merupakan suatu misi yang paling utama yang harus dilakukan oleh guru khususnya Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap anak didiknya. Pendekatan, strategi, dan metode merupakan komponen yang berpengaruh dalam dunia pendidikan, terlebih terkait erat dengan proses pembinaan akhlak peserta didik. Pada dasarnya nantinya sangat mempengaruhi tingkat pemahaman serta pengamalan nilai-nilai akhlak itu sendiri, terlebih apabila pengaruh terhadap tingkat kesadaran peserta didik dalam mengamalkan nilai-nilai luhur, baik yang ada dalam madrasah atau diluar madrasah. Berkaitan dengan hal tersebut, maka skripsi ini mengkaji tentang “Bimbingan Guru (PAI) dalam Membina Akhlak Peserta Didik di MTsN Aryojeding” dari masalah yang diteliti adalah (1). Bagaimana pendekatan guru (PAI) dalam membina akhlak peserta didik? (2). Bagaimana strategi guru (PAI) dalam membina akhlak peserta didik? (3). Bagaimana metode guru (PAI) dalam membina akhlak peserta didik?. Penelitian ini merupakan kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif yaitu dengan membahas suatu objek penelitian berdasarkan data-data yang diperoleh, kemudian dianalisis dan interpretasi dengan tujuan mengungkapkan pesan yang terkandung dalam teks yakni berkaitan dengan bimbingan guru dalam pembinaan akhlak kepada peserta didik, sebagai sumber data primer buku-buku lain yang berkaitan dengan pokok bahasan penelitian. Sebagai sumber data sekunder, diantaranya: a) guru BK (Bimbingan Konseling), b) para guru dan staf yang ada di madrasah, c) dokumentasi-dokumentasi tentang pokok bahasan penelitian yang diperlukan. Berdasarkan kajian/penelitian yang dilakukan penulis, diperoleh bahwa: 1) pendekatan guru (PAI) dalam membina akhlak peserta didik yaitu dengan melalui pendekatan keteladanan yang diajarkan guru pada kegiatan-kegiatan setiap harinya. Adapun kegiatan tersebut adalah: memberi (mengucap selamat datang dari guru) dan mengucap (ucapan salam dari anak didik) salam ketika masuk area madrasah, dan saat memulai dan mengakhiri proses pembelajaran. Tradisi finger print (laporan kehadiran) setelah datang di madrasah seluruh civitas akademika ditekankan untuk melakukannya. Kegiatan setiap Jum’at pagi, disini guru harus sudah berada didepan kelas yang akan didampingi. 2) strategi yang dilakukan guru (PAI) dalam membina akhlak peserta didik dengan menekankan kepada pembentukan akhlak mulia, disiplin, dan bertanggung jawab dalam setiap kegiatan. 3) metode guru (PAI) dalam membina akhlak peserta didik dengan memberikan motivasi-motivasi kerohanian dan akademik, baris-berbaris, dan sabar dalam bersikap maupun berperilaku. Dengan memberikan motivasi tersebut guru dapat secara langsung menyampaikan kepada peserta didik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123O69 DEWI KHOIRUL MALA
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:04
Last Modified: 13 Jan 2017 02:04
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3382

Actions (login required)

View Item View Item