PENGARUH KOMUNIKASI, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN (STUDI KASUS PADA BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG)

FITRIA MUNADZIROH, 2823123051 (2016) PENGARUH KOMUNIKASI, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP LOYALITAS NASABAH TABUNGAN (STUDI KASUS PADA BMT PAHLAWAN TULUNGAGUNG). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FITRIA.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FITRIA.pdf

Download (629kB) | Preview
[img] Text
BAB III FITRIA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV FITRIA.pdf

Download (383kB)
[img]
Preview
Text
BAB V FITRIA.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI FITRIA.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AKHIR.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Komunikasi, Kepercayaan dan Kepuasan terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan (Studi Kasus Pada BMT Pahlawan Tulungagung)” ini ditulis oleh Fitria Munadziroh, Jurusan Perbankan Syariah, NIM 2823123051 dengan Dosen Pembimbing Sri Eka Astutiningsih, SE., MM. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya loyalitas bagi kelangsungan hidup perusahaan. Karena, loyalitas pada suatu perusahaan merupakan indikator kemampuan perusahaan yang baik dalam membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen. Dan dengan semakin banyak berdirinya lembaga keuangan bank maupun non bank dengan sistem syariah maupun konvensional di Tulungagung, peneliti ingin membuktikan loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung dengan komunikasi, kepercayaan dan kepuasan sebagai pengukurnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini antara lain: 1) Apakah komunikasi memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung?; 2) Apakah kepercayaan memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung?; 3) Apakah kepuasan memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung?; 4) Apakah secara simultan komunikasi, kepercayaan dan kepuasan memiliki pengaruh terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung?. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh komunikasi, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah tabungan baik secara parsial maupun simultan di BMT Pahlawan Tulungagung. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi atau bahan kajian dan penelitian selanjutnya dalam menambah pengetahuan dalam bidang manajemen pemasaran khususnya mengenai pengaruh komunikasi, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah tabungan di perbankan, lembaga keuangan dan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik probability sampling dengan simple random sampling. Data yang digunakan adalah data primer, yang diperoleh dari penyebaran kuesioner. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan BMT Pahlawan yang berjumlah 8000 orang nasabah tabungan. Dan didapatkan sampel sebanyak 98,76 dan sampel dibulatkan menjadi 100 orang responden yang diperoleh dengan perhitungan rumus Slovin. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel komunikasi, kepercayaan dan kepuasan terhadap variabel loyalitas nasabah tabungan BMT Pahlawan Tulungagung, digunakan analisis regresi linier berganda. Uji instrument penelitian yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heterokedastisitas. Sedangkan untuk uji hipotesis digunakan uji t dan uji F dengan menggunakan bantuan software SPSS for windows Versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Komunikasi memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung; 2) Kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung; 3) Kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung; 4) Secara simultan komunikasi, kepercayaan dan kepuasan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung. Besarnya pengaruh yang mampu dijelaskan oleh variabel komunikasi, kepercayaan dan kepuasan terhadap loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung ini sebesar 35,5% dengan variabel kepercayaan yang memiliki pengaruh paling dominan terhadap loyalitas. Dengan hasil penelitian yang ada, diharapkan untuk BMT Pahlawan Tulungagung dapat mengevaluasi dan meningkatkan komunikasi, mempertahankan dan meningkatkan kepercayaan dan kepuasan agar loyalitas nasabah tabungan di BMT Pahlawan Tulungagung terbangun dan semakin meningkat. Kata kunci: Komunikasi, Kepercayaan, Kepuasan, Loyalitas

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: fitria 2823123051 fitria munadziroh
Date Deposited: 08 Aug 2016 04:47
Last Modified: 08 Aug 2016 04:47
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/3380

Actions (login required)

View Item View Item