Nur Sabikisma, 2817123121 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar

Nur Sabikisma, 2817123121 (2016) Nur Sabikisma, 2817123121 (2016) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
A. Bagian Awal.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
B. Bagian Inti.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
C. Bagian Akhir.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Sabikisma: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Peserta Didik Kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Skripsi Jurusan pendidikan Guru Madrasah Ibidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Muhamad Zaini, M.A. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang masih di rendah. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga peserta didik dalam proses pembelajaran cenderung pasif, sering terjadi ketidakpahaman dalam penerimaan materi juga penugasan, dan sebagian besar kurang aktif untuk mengikuti proses pembelajaran. Akibatnya hasil belajar kurang baik. Berangkat dari permasalahan inilah peneliti melakukan penelitian dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana peningkatan motivasi melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar melalui penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan makhluk hidup dan lingkungannya peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar setelah menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Penelitian ini bermanfaat bagi Kepala MI Darussalam Wonodadi Blitar sebagai dasar pengambilan kebijaksanaan dalam hal proses belajar mengajar dan sebagai bahan pertimbangan penggunaan informasi atau menentukan langkah-langkah penggunaan strategi pengajaran mata pelajaran IPA khususnya dan mata pelajaran lain pada umumnya, bagi guru MI Darussalam Wonodadi Blitar dapat digunakan sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan program kegiatan mengajar di kelas serta sebagai salah satu pertimbangan menyusun kegiatan pembelajaran di kelas, bagi peserta didik Mi Darussalam Wonodadi Blitar dapat dijadikan sebagai motivasi dalam belajar untuk meningkatkan hasil belajarnya, bagi peneliti lain dapat dijadikan sebagai bahan masukan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus.Yang menjadi subyek penelitian adalah peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar dengan jumlah 22 anak.Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan angket.Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar.Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai peserta didik yang semakin membaik. Nilai rata-rata peserta didik pada tes formatif siklus I yaitu 73,86 dengan persentase ketuntasan belajar 63,63%. Kemudian nilai rata-rata peserta didik pada siklus II meningkat menjadi 84,31 dengan persentase ketuntasan belajar 95,45%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) peserta didik kelas IV MI Darussalam Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123136 Rifqi Yustanto
Date Deposited: 27 Jul 2016 08:09
Last Modified: 27 Jul 2016 08:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3368

Actions (login required)

View Item View Item