PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

RIRIEK DWI ALIKFIYONO PUTRI, 2817123139 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PESERTA DIDIK KELAS III SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Bagian Awal.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (165kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (308kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (74kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ririek, Dwi Alikfiyono Putri. 2016: Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe The Power Of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Drs. H. Jani M.M, M.Pd Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif, Metode The Power Of Two, Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang masih rendah terutama pada kegiatan menghafal. Hal ini disebabkan karena ketidaksukaan peserta didik pada pelajaran menghafal. Selain itu juga karena kegiatan pembelajaran di kelas yang dilakukan masih menggunakan metode pembelajaran ceramah dan pemberian tugas, sehingga motivasi peserta didik kurang. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode pembelajaran The Power Of Two dalam setting pembelajaran kelompok, untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: 1. Apakah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Power of Two pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan jenis pekerjaan pada peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? 2. Apakah penerapan Model Kooperatif tipe The Power of Two pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan jenis pekerjaan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun tujuan dari penelitian tersebut, yaitu: 1. Untuk mendiskripsikan Penerapan Model Kooperatif tipe The Power of Two pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan Jenis Pekerjaan pada peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. 2. Untuk mendiskripsikan peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pokok bahasan Jenis Pekerjaan dengan penggunaan Model Kooperatif tipe The Power of Two pada peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar. Proses pelaksananaan tindakan kelas meliputi: 1. Tahap perencanaan (plan), 2. Tahap pelaksanaan (act), 3. Tahap observasi (observer), dan 4. Tahap refleksi (reflection). Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Tes yang digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang, Kedungwaru, Tulungagung. Sedangkan metode observasi, wawancara, dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, respon peserta didik, keadaan peserta didik dan guru. Setelah mengadakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode The Power Of Two, akhirnya dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan Metode The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Adapun langkah-langkah penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Power Of Two tersebut meliputi: 1. Tahap awal (guru mengucapkan salam, do’a, memeriksa kehadiran, menyampaikan tujuan pembelajaran, dan memberikan apresepsi), 2. Tahap inti (guru memberikan penjelasan terkait materi, memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya, membagikan lembar kertas soal terkait materi, mencari pasangan dan mendiskusikan soal yang sudah diberikan, memanggil salah satu pasangan dan mempresentasikan di depan teman-teman lainnya, meminta kelompok lain menanggapi jawaban yang disampaikan, dan memberikan penilaian terhadap hasil diskusi). 3. Tahap akhir (guru memberikan sebuah permainan terkait materi, guru dan murid bersama-sama menyimpulkan materi yang di pelajari sekarang, memberikan tugas untuk dikerjakan dirumah, membaca hamdalah, dan mengakhiri dengan salam). Sedangkan dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari awal pre test hingga siklus II yaitu, hasil belajar peserta didik pada saat pre test (63,8%), siklus I (73,6%), siklus II (79,1%). Berdasarkan paparan data, temuan penelitian, dan pembahasan yang telah diuraikan, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan Metode Tipe The Power Of Two dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial peserta didik Kelas III SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123139 RIRIEK DWI ALIKFIYONO PUTRI
Date Deposited: 27 Jul 2016 04:25
Last Modified: 27 Jul 2016 04:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3367

Actions (login required)

View Item View Item