Penerapan Metode Menghafal Dalam Pembelajaran Al Qur'an Hadits Pada Siswa Kelas IV (Studi Multi Situs Di MI Thoriqul Huda Kerjo dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek )

Siti Umayah, 1755144029 (2016) Penerapan Metode Menghafal Dalam Pembelajaran Al Qur'an Hadits Pada Siswa Kelas IV (Studi Multi Situs Di MI Thoriqul Huda Kerjo dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek ). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB I REVISI.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II REVISI.pdf

Download (518kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III REVISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV REVISI yes.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V REVISI.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
BAB VI REVISI.pdf

Download (20kB)
[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL REVISI 1.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
daftar pustaka.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
interview.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (329kB) | Preview

Abstract

Siti Umayah. 2016. Penerapan Metode Menghafal Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Pada Siswa Kelas IV (Studi Multi Situs Di MI Thoriqul Huda Kerjo Dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek), Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing(1) Dr.H. A. Hasyim Nawawie, SH,M.Si., dan (2) Dr. H. Munarji, M.Ag. Kata kunci: Metode Menghafal, Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits Pendidikan Agama Islam merupakan rumpun mata pelajaran yang dikembangkan dari ajaran-ajaran pokok (dasar) yang terdapat dalam agama Islam, karena itulah pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran pokok yang menjadi salah satu komponen, dan tidak dapat dipisahkan dari moral dan kepribadian siswa. Pendidikan agama memberikan pengetahuan dan membentuk sikap, kepribadian dan ketrampilan siswa dalam mengamalkan ajaran agamanya yang dilaksanakan sekurang-kurangnya melalui mata pelajaran pada semua jalur, jenjang dan jenis pendidikan. Pembelajaran yang berlangsung di tingkat dasar, siswa dituntut untuk belajar membaca dan menulis, selain itu untuk membantu dalam memahami Al-Qur’an Hadits maka metode menghafal patut dijalankan kepada siswa tingkat dasar(kanak-kanak). Karena masa usia dasar (kanak-kanak) merupakan awal dari pembelajaran dengan metode tersebut. Rumusan masalah dalam pembahasan tesis ini sebagai berikut: 1.Bagaimana perencanaan metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kerjo dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek ? 2.Bagaimanakah Pelaksanaan metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kerjo dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek? 3.Bagaimanakah penilaian metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kerjo dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah: 1.Untuk mendeskripsikan perencanaan metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kerjo dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek; 2.Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kerjo dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek; 3.Untuk mendeskripsikan penilaian metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits pada siswa kelas IV di MI Thoriqul Huda Kerjo dan MI Miftahul Huda Sumberingin Kecamatan Karangan Kabupaten Trenggalek. Kesimpulan yang dapat ditarik dari tesis ini antara lain: pertama, Perencanaan Penggunaan Metode Menghafal adalah perencanaan pembelajaran harus mempersiapkan perangkat pembelajaran (RPP). Dengan rencana pelaksanaan pembelajaran maka pembelajaran akan lebih terarah, standar kompetensi dan kompetensi dasar akan lebih mudah tercapai, menyiapkan materi pembelajaran, menyiapkan LKS dan juga metode pembelajaran yang akan dipakai harus ditentukan lebih dahulu agar siswa dalam meningkatkan keberhasilan materi pelajaran Al-Qur’an Hadits dalam pembelajaran. Kedua, Pelaksanaan penggunaan Metode Menghafal adalah 1) Pertama guru meng kondisikan dulu agar kelas kondusif. Bila masih ada siswa yang gaduh atau ramai sendiri, saya kondisikan mereka dengan tepuk-tepuk agar mereka fokus mengikuti pelajaran. Setelah itu, proses pelajarannya tahap pendahuluan: dimulai dengan salam, membaca dan mengulang pelajaran sebelumnya. 2) Pada tahap inti: guru menggunakan metode menghafal yaitu dengan cara, memberi contoh melafalkan surat-surat Al-Qur’an (surat-surat Juz ‘Amma dan Surat-surat pilihan) sesuai materi hari itu, kemudian siswa menirukan pelafalan surat-surat Al-Qur’an tersebut dengan berkelompok atau individu, setelah itu siswa guru menyuruh maju bergantian melafalkan secara individu/berkelompok, pada tahap inti terakhir siswa satu persatu guru menyuruh hafalan materi surat-surat Al-Qur’an tersebut dengan fasih dan benar. 3) Di tahap penutup guru mengulang pelafalan materi surat pendek secara klasikal yang diikuti oleh siswa. Ketiga, Penilaian dalam meningkatkan keberhasilan materi pelajaran Al-Qur’an Hadits peserta didik dapat menguasai materi pelajaran yang disampaikan dan membangkitkan materi pelajaran Al-Qur’an Hadits.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 1755144029 Siti Umayah
Date Deposited: 08 Dec 2016 04:04
Last Modified: 08 Dec 2016 04:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item