MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK (STUDI MULTI KASUS DI MTs NEGERI TULUNGAGUNG DAN SMP NEGERI 1 TULUNGAGUNG)

Binti Mualamah, 1751144004 (2016) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI PESERTA DIDIK (STUDI MULTI KASUS DI MTs NEGERI TULUNGAGUNG DAN SMP NEGERI 1 TULUNGAGUNG). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
BAB A.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I-III.pdf

Download (915kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V-VI.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Rujukan Sementara.pdf

Download (91kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Binti Mualamah, NIM: 1751144004. 2016. “Manajemen Kesiswaan Kesiswaan dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Peserta Didik (Studi Multi Kasus di MTs Negeri dan SMP Negeri Tulungagung)”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. dan Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Prestasi Peserta Didik Pendidikan merupakan upaya strategis untuk membentuk manusia yang bermartabat, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagaimana tujuan yang ingin dicapai dalam pendidikan Islam. Untuk mencapai tujuan tersebut, lembaga pendidikan mempunyai tanggung jawab yang besar. Beragam upaya dilakukan oleh lembaga pendidikan guna memberikan layanan pendidikan yang terbaik untuk mengembangkan potensi peserta didiknya secara maksimal, seimbang dan terpadu. Dalam hal ini, manajemen kesiswaan mengambil peranan penting dalam rangka mengembangkan kecerdasan, bakat dan minat,meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta upaya pembinaan dalam rangka mewujudkan prestasi peserta didik dalam bidang akademik dan non akademik. Dalam hal ini, penulis mengambil 2 sekolah sebagai objek penelitian, yakni MTs Negeri Tulungagung dan SMP Negeri 1 Tulungagung. Dua sekolah favorit di Tulungagung tersebut memiliki manajemen kesiswaan dengan karakteristik yang unik dan berbeda. Hal inilah yang membuat penulis merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus Penelitian ini adalah (1) penerimaan peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di MTs Negeri Tulungagung dan SMP Negeri 1 Tulungagung, (2) pengelompokan peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di MTs Negeri Tulungagung dan SMP Negeri 1 Tulungagung, (3) pelaksanaan pembinaan peserta didik dalam upaya meningkatkan prestasi peserta didik di MTs Negeri Tulungagung dan SMP Negeri 1 Tulungagung, dan (4) Implikasi manajemen kesiswaan terhadap prestasi peserta didik di MTs Negeri Tulungagung dan SMP Negeri 1 Tulungagung. Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini tergolong penelitian lapangan (field research). Dalam hal ini, penulis akan menggunakan rancangan studi multi kasus (case study). Sedangkan menurut jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu: observasi partisipatif (participant observation), wawancara mendalam (indept interview), dan dokumentasi (documentation). Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan dua tahap, yakni: analisis data kasus tunggal dan analisis data lintas kasus. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) penerimaan peserta didik baru yang terdiri dari (a) sistem penerimaan, pembentukan panitia, menentukan jumlah daya tampung (kuota) peserta didik dibuat berdasarkan dari petunjuk Kementerian Agama Kabupaten Tulungagung dan Dinas Pendidikan Kabupaten Tulungagung, (b) sistem penerimaan peserta didik sistem promosi berlaku bagi peserta try out dan pelatihan ujian sekolah SD/MI mendapatkan prioritas untuk diterima, seleksi tes dan seleksi Danem baik jalur online maupun offline, (c) kriteria penerimaan peserta didik baru berdasarkan daya tampung dan (d) prosedur penerimaan peserta didik baru melalui membentuk kepanitiaan PPDB berasal dari unsur guru dan pegawai, rapat pembentukan panitia, membuat pengumuman pendaftaran PPDB melalui brosur dan website, melakukan pendaftaran, melaksanakan seleksi, mengumumkan hasil penerimaan diumumkan secara terbuka langsung di papan pengumuman di sekolah dan lewat website atau internet, dan pendaftaran ulang. (2) pengelompokan peserta didik terdiri dari (a) pengelompokan dalam kelas-kelas berdasarkan jalur yang dipilih yaitu kelas unggulan, kelas prestasi, dan kelas regular, (b) pengelompokan berdasarkan kemampuan berdasarkan tes diagnostik dan (c) pengelompokan peserta didik berdasarkan bakat dan minat dalam wadah kegiatan ekstrakurikuler. (3) pelaksanaan pembinaan kesiswaan terdiri dari (a) pembinaan kedisiplinan peserta didik dengan adanya tata tertib siswa, buku kendali siswa dan buku pribadi siswa, adanya reward dan punishment, pelanggaran menggunakan sistem, (b) pembinaan akademik meliputi pengajaran menggunakan kurikulum K-13 dan KTSP, melaksanakan kegiatan yang menunjang pembinaan akademik dengan memberikan jam tambahan pelajaran, kerjasama dengan lembaga bimbingan belajar, memberi motivasi kepada peserta didik melalui lembaga motivator, istighosah bersama. Bagi yang tidak tuntas diberikan pengayaan dan remidi, (c) pembinaan non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk mengembangkan bakat dan minat peserta didik. (4) implikasi manajemen kesiswaan terhadap prestasi peserta didik adalah Prestasi-prestasi yang diraih tersebut tidak lepas dari pelaksanaan manajemen kesiswaan melalui bimbingan dan pembinaan dari Waka Kesiswaan, waka kuriikulum, guru, wali kelas, guru BP dan tim pengembangan diri dan keahlian.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Studi Islam
Depositing User: binti 1751144004 mualamah
Date Deposited: 02 Nov 2016 01:39
Last Modified: 02 Nov 2016 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3315

Actions (login required)

View Item View Item